Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkeu Waspadai Potensi Melonjaknya Harga Minyak Dunia

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan lonjakan harga minyak dunia bisa memengaruhi anggaran subsidi dan kompensasi energi pada 2023, serta bisa membuat harga bahan bakar minyak (BBM) naik.

"Kalau kita berbicara mengenai subsidi dan kompensasi ini kita berbicara pagu anggaran untuk satu tahun. Jadi kita perlu tetap mengamati secara cermat tapi juga tidak kemudian terlalu buru-buru merespons berbagai perubahan," ujarnya saat konferensi pers APBN KiTA, Selasa (3/1/2022).

Saat ini, harga minyak dunia memang sedang mengalami penurunan. Misalnya arga minyak Brent yang sempat berada di puncak pada 2022 sebesar 126 dollar AS per barel menjadi 83,2 dollar AS di Desember 2022.h

Namun Kemenkeu juga mencermati tingkat konsumsi BBM di masyarakat. Pasalnya, saat harga BBM subsidi dinaikkan pada September 2022, ternyata tidak dapat menekan konsumsi BBM masyarakat.

Hal ini mengakibatkan realisasi subsidi dan kompensasi energi di APBN 2022 membengkak tiga kali lipat dari asumsi awal menjadi Rp 551,2 triliun.

"Kita lihat kemarin dengan kenaikan harga, ternyata konsumsi BBM tidak turun, kembali meningkat sampai kemudian melebihi pagu awal yang ada di APBN 2022," ucapnya.

Selain harga minyak mentah dunia dan konsumsi, Kemenkeu juga mengantisipasi pelemahan nilai tukar rupiah yang dapat mempengaruhi harga BBM dan konsumsi masyarakat.

Seperti diketahui, saat ini hampir semua mata uang di dunia mengalami depresiasi termasuk rupiah yang diakibatkan oleh penguatan dollar AS.

Penguatan mata uang Negeri Paman Sam ini disebabkan oleh kenaikan suku bunga acuan AS secara agresif. Kenaikan suku bunga acuan AS ini diprediksi akan berlanjut di 2023 sehingga nilai tukar rupiah berpeluang melemah.

"Ini semua tentunya akan memengaruhi besaran subsidi dan kompensasi di tahun 2023 ini dan kemudian juga akan memengaruhi apakah harga BBM bersubsidi itu kemudian perlu disesuaikan atau tidak," tukasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/01/04/110000126/kemenkeu-waspadai-potensi-melonjaknya-harga-minyak-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke