Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

RI Ekspor Produk Tembakau Bebas Asap ke Malaysia dan Filipina

Pelepasan ekspor perdana dilakukan di fasilitas produksi produk tembakau bebas asap Sampoerna, Karawang, Jawa Barat, pada Kamis (12/1/2023).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap investasi yang dilakukan HM Sampoerna bisa berdampak positif dalam mendorong inovasi, serta penciptaan nilai ekonomi pada banyak sektor.

"Antara lain, berdampak pada sektor UMKM, ritel tradisional, kemitraan dengan petani, dan pengembangan R&D,” ujar Airlangga melalui sambungan virtual dalam acara pelepasan ekspor.

Produk nikotin elektrik ini dirancang untuk memanaskan batang tembakau tanpa pembakaran, sehingga mengurangi paparan zat berbahaya atau berpotensi berbahaya hingga rata-rata 90-95 persen lebih rendah dibandingkan dengan asap rokok.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Agro Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika menambahkan, ekspor perdana produk tembakau bebas asap rokok ke pasar Asia Pasifik ini diharapkan berdampak positif bagi perekonomian nasional.

"Ini berita yang positif untuk perkembangan industri nasional kita, sehingga dapat menjadi percontohan bagi industri lain untuk meningkatkan produksi ekspor," kata Putu.

Adapun Sampoerna telah merealisasikan investasinya senilai 186 juta dollar AS untuk produk tembakau bebas asap rokok tersebut, melebihi komitmen yang diumumkan sebelumnya. Fasilitas pabrik pembuatan nikotin elektronik bermerk Heets ini sudah mulai beroperasi sejak akhir 2022 setelah dilakukan pembangunan sekitar setahun.

"Kami mengapresiasi Sampoerna yang telah berkomitmen merealisasikan investasi, dengan kapasitas 15,45 miliar batang per tahun, melibatkan kurang lebih 500 pekerja terampil yang didukung fasilitas penelitian pengembangan investasi 600.000 dollar AS," ucap Putu.

Pabrik Heets di Indonesia difokuskan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor di kawasan Asia Pasifik maupun pasar domestik. Pabrik ini sekaligus menjadi fasilitas produksi Philip Morris International (PMI), induk perusahaan Sampoerna, untuk produk tembakau inovatif bebas asap yang pertama di Asia Tenggara dan ketujuh di dunia.

https://money.kompas.com/read/2023/01/13/110000426/ri-ekspor-produk-tembakau-bebas-asap-ke-malaysia-dan-filipina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke