Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tarif Reduksi Tiket Kereta, Ini 5 Kelompok yang Bisa Mendapatkannya

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, program ini memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api.

“Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” ujar Joni saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/1/2023).

Tarif reduksi kereta api

Tarif reduksi diberikan ke berbagai kalangan masyarakat seperti lansia, legiun veteran RI, anggota TNI, Polri, wartawan, dan civitas akademika berbagai perguruan tinggi. Ketentuan tarif reduksi tiket kereta api sebagai berikut:

1. Lansia

Diskon sebesar 20 persen untuk KA komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan ketentuan pelanggan berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

3. TNI dan Polri

Anggota TNI/Polri yang aktif, termasuk siswa pendidikan TNI/Polri bisa memperoleh diskon sebesar 25 persen untuk KA komersial kelas eksekutif dan 50 persen untuk KA komersial kelas ekonomi dan bisnis.

Diskon ini tidak termasuk anggota keluarga yang bersangkutan dan PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

4. Wartawan

Diskon sebesar 20 persen untuk KA komersial kelas ekonomi dan bisnis, dengan ketentuan menunjukan kartu pers dan surat tugas peliputan.

5. Civitas akademika

Diskon sebesar 10 persen untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS, serta anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

Pembelian tiket reduksi di KAI Access

Pembelian tiket tarif reduksi wajib dilakukan melalui aplikasi KAI Access, dengan memasukkan nomor reduksi yang telah teregistrasi melalui loket, customer service, atau lokasi lain sesuai kerjasama antara KAI dan instansi masing-masing.

“Saat ini sudah berbagai kalangan dan instansi yang mendapatkan diskon khusus untuk perjalan menggunakan kereta api. Ke depan, tidak tertutup kemungkinan bahwa akan semakin banyak masyarakat dan instansi yang mendapatkan diskon khusus untuk pembelian tiket KA,” pungkas Joni.

https://money.kompas.com/read/2023/01/16/193200926/tarif-reduksi-tiket-kereta-ini-5-kelompok-yang-bisa-mendapatkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke