Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi: Hati-hati 2023, Masih Jadi Tahun Ujian bagi Ekonomi Kita...

"Hati-hati tahun 2023, ini masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi kita juga bagi ekonomi global. Hati-hati, semuanya harus hati-hati. Bekerja keras semuanya mendeteksi informasi-informasi dan data di lapangan sehingga kita jangan keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis data dan fakta di lapangan," ujarnya yang ditayangkan secara virtual, Selasa (17/1/2023).

Jokowi menambahkan, meskipun perekonomian Indonesia tumbuh positif tetap harus berhati-hati.

Hal terkait dengan pernyataan Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristina Georgieva, bahwa sepertiga ekonomi dunia diprediksi mengalami resesi. Bahkan untuk negara yang tidak terkena resesi, ratusan juta penduduknya merasakan seperti sedang resesi.

"Guncangan ekonomi karena pandemi, karena perang ini sudah menyebabkan 47 negara masuk menjadi pasiennya IMF. Kita ingat tahun 97-98, Indonesia jadi pasiennya IMF. Ambruk ekonomi dan ambruk politiknya. Ini 47 negara dan yang lain masih antre depan pintunya IMF," lanjut dia.

Mantan Wali Kota Solo ini bilang, situasi global masih sangat tidak mudah dan sekarang yang jadi momok semua negara adalah inflasi. Meskipun begitu, dirinya bersyukur, inflasi RI berada di 5,5 persen.

Berbeda dengan Uni Eropa yang inflasinya nyaris menyentuh 10 persen. Maka dari itu, Kepala Negara ini berpesan kepada pemerintah daerah dan Bank Indonesia (BI) agar mencermati harga-harga barang maupun jasa.

"Ini momok semua negara dan patut kita syukuri, inflasi kita berakhir di 5,5 persen. Ini berkat kerja keras kita semua. Coba lihat di negara-negara lain bahkan sudah ada yang sampai ke 9,2 persen. Uni Eropa berada di angka 9,2 persen sehingga saya minta seluruh gubernur, bupati dan wali kota bersama dengan Bank Indonesia terus memantau harga-harga barang dan jasa di lapangan," ucap Presiden Jokowi.

https://money.kompas.com/read/2023/01/17/111453126/jokowi-hati-hati-2023-masih-jadi-tahun-ujian-bagi-ekonomi-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke