Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Sudah Impor Beras tapi Kok Masih Mahal? Bos Bulog: Bukti Kebutuhan Banyak, Stoknya Kurang

Buwas mengaku pihaknya sudah jor-joran untuk melakukan intervensi agar harga bisa terkendali.

Buwas mengatakan, pihaknya juga sudah menggelontorkan penyaluran Cdangan Beras Pemerintah (CBP) yang mencapai 62.000 ton. Ia menilai angka tersebut sudah sangat besar atau di luar kebiasaan Bulog.

"Coba dilihat, intervensi Bulog kan sudah luar biasa. Itu kan justru membuktikan bahwa memang kebutuhannya banyak, stoknya kurang," ujar Buwas saat ditemui di kawasan DPR RI Senayan, Senin (16/1/2023).

Menurutnya yang menjadi penyebab kenaikan harga beras adalah pasokan beras yang kian tiris sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen, 

"Berapa pun yang kami gelontorkan, kebutuhannya itu masih banyak. Nah stoknya itu berarti kurang," imbuh Buwas.

Ia menuturkan stok di Pasar Induk Beras Cipinang normalnya sebesar 36.000 ton per hari. Namun saat ini jumlahnya jauh di bawah itu lantaran daerah-daerah pemasok beras tak sanggup menyuplai dengan volume seperti biasanya. Kondisi tersebut yang ia nilai menjadi penyebab harga beras naik. 

Karena itu, Bulog menyatakan akan terus menyuplai stok CBP ke Pasar Induk Beras Cipinang setiap minggu.

"Tapi kan ini bukan berasnya kami, beras nya negara. Kalau pemerintah sudah mengatakan itu, ya itu peran Bulog. Kami enggak pernah berhitung untung, engga. Tapi soal kecukupan itu," ujarnya.

Sementara itu mengutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga beras medium hari ini naik menjadi Rp 12.750 per kilogram.

Adapun daerah yang mengalami harga beras paling tinggi ada di Kalimantan Tengah yang dibanderol Rp 16.650 per kilogram.

https://money.kompas.com/read/2023/01/17/190000026/indonesia-sudah-impor-beras-tapi-kok-masih-mahal-bos-bulog--bukti-kebutuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke