Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Disubsidi Pemerintah, Tarif LRT Jabodebek Diumumkan April 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi belum dapat memastikan kisaran tarif LRT Jabodebek.

Purnomo mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan tarif LRT Jabodebek yaitu Rp 5.000 untuk jarak terdekat, untuk jarak terjauh Rp 25.000. Sementara itu, kata dia, tarif LRT Jabodebek rata-rata Rp 15.000.

"Ada progresifnya, jadi ada tarif rata-rata, jadi jarak terjauhnya itu kira-kira kalau yang kami usulkan ya yang belum ditetapkan adalah mungkin kira-kira Rp 24.000 - Rp 25.000 untuk jarak terjauh," kata Purnomo saat ditemui di Gedung OCC PT KAI Divisi LRT Jabodetabek, Tambun, Bekasi, Selasa (17/1/2023).

Purnomo mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi untuk LRT Jabodebek. Besaran subsidi tersebut, kata dia, akan memengaruhi tarif LRT Jabodebek yang resmi.

"Kami sedang menunggu penetapan dari pemerintah dari Kementerian Perhubungan karena hal ini terkait dengan besaran subsidi yang akan diberikan pemerintah kepada operasional LRT," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, tarif LRT Jabodebek akan diumumkan Kemenhub pada April 2023 mendatang.

"Kemungkinan akan disampaikan Kemenhub di bulan April," kata Kuswardojo.

Kuswardoyo mengatakan, pembelian tiket LRT Jabodebek akan lebih mudah yaitu dengan menggunakan kartu uang elektronik yang banyak digunakan penumpang saat ini.

Meski demikian, kata dia, LRT Jabodebek akan mengeluarkan kartu tersendiri untuk akses masuk kereta seperti kartu akses KRL Commuter.

"Nanti kedepannya kartu uang eletronik apa pun bisa digunakan untuk tapping di LRT. Bisa terintegrasi dengan transportasi umum lain juga. Kemungkinan ke depan kita buat (kartu multi trip LRT) tapi sementra ini untuk mempermudah bisa menggunakan kartu yang ada," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/01/17/204000226/mau-disubsidi-pemerintah-tarif-lrt-jabodebek-diumumkan-april-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke