Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PHR Temukan Cadangan Minyak Hingga 1.400 BPD di WK Rokan

Memulai kegiatan pengeboran di awal tahun 2023, PHR menemukan sumur andalan dengan cadangan minyak cukup besar yang berada di Lapangan Minas, Petani, Benar, dan Bekasap yang menghasilkan antara 1.000 sampai dengan 1.400 barrel per hari.

“Sumur-sumur ini otomatis menjadi prioritas dalam kegiatan pengeboran karena berada di atas rata-rata target awal ratusan barel per sumur. Keempat sumur yang menjadi 'primadona' di awal tahun ini berada di sekitar lapangan yang telah ada sebelumnya (existing),” kata Dirut PHR, Jaffee A Suardin dalam siaran pers, Selasa (17/1/2023).

Jaffee mengatakan, penemuan potensi minyak pada lapisan-lapisan yang sebelumnya belum teridentifikasi tersebut dilakukan dengan pola kerja masif dan agresif. Hal ini tentunya tidak lepas dari implementasi penerapan teknologi enginer PHR.

“Penemuan ini tidak lepas dari penerapan teknologi serta kejelian dan kreativitas para engineer PHR dalam mengamati potensi cadangan minyak di Wilayah Kerja Rokan,” lanjut Jaffee.

Jaffee mengatakan, lapangan Minas menemukan cadangan baru dengan menggunakan teknik pengeboran dalam (deep GGRP review) dengan menargetkan area yang belum ditembus oleh sumur eksisting di sekitarnya.

Begitu pula di Lapangan Petani, dengan mempelajari target reservoir lebih dalam di lapisan sand pematang yang belum tereksploitasi dengan masif sebelumnya. Tidak hanya mempercepat pengeboran pada lapangan-lapangan besar, PHR juga mengevaluasi kembali data-data seismik dan sumur-sumur di lapangan-lapangan kecil yang sebelumnya pernah ditinggalkan, namun masih memiliki potensi minyak yang besar.

“Kami terus meningkatkan produksi melalui program-program eksplorasi dan eksploitasi yang masif dan agresif,” lanjut Jaffee.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan, penemuan baru semacam ini, sangat menunjang upaya Pemerintah dalam pencapaian 1 juta barrel per hari di 2030. Dia berharap eksplorasi bisa dilakukan secara konsisten di WK Rokan.

“Kami terus mendorong KKKS di Provinsi Riau, khususnya Pertamina Hulu Rokan untuk terus massif dan agresif dalam upaya penambahan produksi dari Wilayah Kerja Rokan,” tegas Rikky.

https://money.kompas.com/read/2023/01/17/215000126/phr-temukan-cadangan-minyak-hingga-1.400-bpd-di-wk-rokan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke