Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur Sabran Sebut Food Estate di Kalteng Bantu Perkuat Pangan Indonesia

KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menilai keberlanjutan food estate harus dikerjakan bersama untuk menguatkan pangan Indonesia.

Oleh karena itu, ia meminta agar semua pihak meninggalkan kepentingan politik masing-masing dan fokus akan proses pembangunan food estate di Kalimantan.

"Jika ingin berhasil mewujudkan food estate dan membangun Kalteng untuk Indonesia, tanggalkan kepentingan politik, jangan bicara perbedaan, yang ada hanya kebersamaan," ujar Sabran dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Menurutnya, program food estate merupakan program jangka panjang yang sudah dibangun sejak 2017 lalu.

Untuk itu, sebut Sabran, perjuangan tersebut tidak boleh menjadi usaha sia-sia karena food estate saat ini telah menjadi peluang baru di depan mata bagi petani muda Indonesia.

"Food estate itu tidak serta merta ada, tapi melalui perjuangan sejak tahun 2017. Kini peluang itu sudah di depan mata kita, maka wujudkan dengan nawaitu atau niat yang tulus," katanya.

Sabran mengungkapkan bahwa pertanian adalah sektor yang paling penting dalam mengokohkan kehidupan manusia.

Pertanian, kata dia, terbukti menjadi tulang punggung ekonomi saat pandemi Covid-19. Dia meyakini bahwa pertanian adalah masa depan yang menjanjikan.

"Kaum milenial harus hantak siku (bekerja keras). Jangan malu jadi petani karena petani adalah pekerjaan terhormat dan memiliki masa depan yang menjanjikan," imbuh Sabran.

Pada kesempatan terpisah, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Bambang Purwanto menilai program food estate di Kalteng sudah berjalan optimal.

Ia menyebutkan bahwa program food estate telah memberikan dampak besar terhadap pendapatan petani, terutama setelah Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan intervensi alat dan mesin pertanian (alsintan).

“Hanya saja, program tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan karena sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), program ini membutuhkan waktu yang cukup panjang,” ujar Bambang.

Selain itu, lanjut dia, dalam tata kelola food estate harus ada perbaikan agar tingkat keberhasilan program ini berjalan sesuai target.

Menurut Bambang, program food estate memberikan dampak positif, terutama bagi petani yang akhirnya memiliki semangat luar biasa dalam bertanam.

“Apalagi setelah alsintan masuk, sehingga produktivitas mereka (petani) semakin meningkat dan lebih efisiensi. Dan ingat, food estate itu program jangka panjang tidak bisa secepat kilat," ucapnya.

 

https://money.kompas.com/read/2023/01/19/165532026/gubernur-sabran-sebut-food-estate-di-kalteng-bantu-perkuat-pangan-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke