Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Kembali Kerek Suku Bunga Acuan, IHSG Diproyeksi Lanjutkan Penguatan

Dalam gelaran Rapat Dewan Gubernur BI, bank sentral memutuskan untuk menaikan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (DRRR) sebesar 25 basis poin atau 0,25 persen menjadi 5,75 persen. Suku bunga deposit facility dan lending facility turut terkerek, masing-masing menjadi 5 persen dan 6,5 persen.

"Akhir pekan pasca ditetapkannya suku bunga acuan yang menunjukkan adanya kenaikan tentunya memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG," ujar CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, dalam keterangannya, Kamis.

Menurutnya, pada sesi perdagangan Jumat (20/1/2023) hari ini pergerakan IHSG masih menunjukkan potensi untuk kembali mengalami kenaikan. Menurutnya, indeks saham nasional akan bergerak pada rentang 6.702-6.872.

"Mulai kembalinya capital inflow ke dalam pasar modal Indonesia turut menjadi penunjang bagi kenaikan IHSG saat ini," katanya.

Adapun pada perdagangan hari ini, William menyebutkan, saham-saham yang menarik untuk dicermati ialah, ITMG, BBCA, ASII, SMRA, AKRA, AALI, SMGR, dan BMRI.

Sementara itu, Praktisi sekaligus Founder WH Project William Hartanto bilang, keputusan BI untuk meningkatkan suku bunga acuan akan menjadi salah satu fokus pasar pada hari ini.

Pasalnya, kenaikan itu berpotensi berpengaruh terhadap pergerakan nilai tukar rupiah.

"Dua kombinasi yang dari dulu diperhatikan oleh pelaku pasar untuk menentukan apakah IHSG masih menarik atau harus mulai dijauhi," ujar dia, dalam risetnya.

"Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam range 6.740 – 6.890," ucapnya.

Pada sesi perdagangan hari ini, William merekomendasikan saham KLBF, MEDC, BEST, dan LPFF.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis atau sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2023/01/20/080000526/bi-kembali-kerek-suku-bunga-acuan-ihsg-diproyeksi-lanjutkan-penguatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke