Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saham Garuda Terus Merosot, Manajemen Beri Penjelasan

Pada perdagangan Kamis (19/1/2023) kemarin, saham Garuda ditutup pada level Rp 106 per saham. Dengan demikian, GIAA telah melemah sekitar 48 persen dari posisi pembukaan suspensi saham pada 3 Januari lalu di level Rp 204 per saham.

Manajemen Garuda Indonesia pun buka suara terkait pelemahan saham yang terjadi. Ini disampaikan dalam dokumen jawaban permintaan penjelasan BEI yang diunggah ke laman keterbukaan informasi.

Dalam dokumen itu manajemen menyatakan, berdasarkan perjanjian perdamaian dengan kreditur, salah satu transaksi penambahan modal perseroan berasal dari konversi utang kredit. Ini telah direalisasikan pada 28 Desember 2022 dengan persentase kepemilikan saham kreditor sebesar 22,63 persen.

Konversi saham tersebut tidak memiliki ketentuan masa penguncian atau lock up period. Dengan demikian, para kreditor dapat langsung menjual sahamnya kembali.

"Saham yang dimiliki kreditor dimungkinkan untuk dilepas bilamana kreditur tidak berencana untuk mempertahankan kepemilikan sahamnya di perseroan guna memperoleh manfaat yang lebih likuid," tulis manajemen Garuda Indonesia, dikutip Jumat (20/1/2023).

Lebih lanjut manajemen menyatakan, berdasarkan analisa perseroan aktivitas perdagangan yang terjadi pada periode 3-11 Januari lalu berasal dari aktivitas kreditur perseroan. Adapun kepemilikan porsi saham berasal dari konversi utang perjanjian perdamaian.

Di tengah pelemahan harga saham yang terjadi, manajemen Garuda tetap berkomitmen untuk memperkuat fundamental perusahaan. Ini salah satunya dilakukan melalui tambahan armada berbadan kecil untuk mendukung operasional perusahaan.

"Dengan demikian, perseroan diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi dan pariwisata Indonesia. Selain itu, Garuda Indonesia Group juga akan terus mengoptimalkan ketersediaan layanan penerbangan dengan armada yang memadai melalui optimalisasi restorasi armada," tulis manajemen Garuda.

https://money.kompas.com/read/2023/01/20/111539326/saham-garuda-terus-merosot-manajemen-beri-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke