Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunker ke Arab Saudi, Mendag: Ini Kunjungan Penting Perkuat Kerja Sama Perdagangan

Kedua negara rencananya akan menandatangani beberapa kesepakatan atau MoU dengan sejumlah perusahaan strategis di Arab Saudi, Kamar Dagang Saudi, perbankan, dan Gulf Cooperation Council (GCC).

"Ini kunjungan yang penting karena hubungan baik Indonesia-Saudi Arabia akan terus diperkuat dengan kerja sama perdagangan yang semakin strategis dan kuat. Insya Allah akan menguntungkan kedua negara dan mempererat persahabatan," ucapnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (21/1/2023).

Di sela-sela kunjungan kenegaraan tersebut, Zulhas sapaan akrabnya ini juga menyempatkan diri untuk melakukan ibadah umrah sekaligus berdoa agar diberikan kelancaran dalam proses kesepakatan nanti.

Bagi Zulhas, di tengah situasi dunia yang mulai bergejolak dan tidak menentu pada tahun ini, berdoa adalah salah satu upaya penting agar Indonesia bisa terhindar dari situasi-situasi yang tidak diinginkan.

"Tugas kita sebagai manusia adalah berikhtiar. Tugas saya sebagai Mendag adalah memperkuat perekonomian bangsa kita melalui sektor perdagangan, ini telah, sedang dan akan terus dilakukan," kata dia.

Menghadapi 2023, mantan Wakil Ketua MPR ini optimis bangsa Indonesia bisa melewati tahun yang diramalkan para ekonom dan pelaku usaha akan menjadi tahun yang berat. "Saya selalu optimistis kita akan bisa melewati tahun ini dengan baik. Tentunya kita perlu bersama-sama," ujar Zulhas.

Setelah berumrah, Mendag dan rombongan langsung bergegas kembali ke Jeddah untuk melakukan pertemuan dengan pelaku usaha Indonesia dan importir. Selain itu, dia juga diagendakan untuk dijamu oleh Syekh Ibrahim Assubaie, bangsawan Kerajaan Arab Saudi dan pemegang saham Bank Albilad Jeddah.

https://money.kompas.com/read/2023/01/21/181100726/kunker-ke-arab-saudi-mendag--ini-kunjungan-penting-perkuat-kerja-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke