Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Jalan Tol Bali Mandara, Satu-satunya Jalan Tol Punya Jalur Khusus Motor

Meski demikian, Indonesia memiliki satu Jalan Tol yang memfasilitasi kendaraan roda dua pada jalur khusus yang terpisah dengan kendaraan roda empat.

Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Bali Mandara yang memiliki total panjang 12,7 Kilometer. Dikutip dari laman resmi Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), jalan tol ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki jalur khusus untuk sepeda motor yang masuk ke dalam Golongan VI.

Jalan Tol Bali Mandara ini terkoneksi dari Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, kemudian menghubungkan Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Adapun besaran tarif untuk kendaraan roda dua pada Jalan Tol Bali Mandara yakni sebesar Rp 5.000.

Jalan tol ini juga merupakan jalan tol atas laut yang pertama di Indonesia dan merupakan salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia dengan menyuguhkan pemandangan indah ketika berkendara yang didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitekturnya, dan ornamen budaya khas Bali.

BPJT dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara, khususnya pengendara sepeda motor juga telah dipasang alat pengukur kecepatan angin berupa anemometer berbasis Internet of Things (IoT) di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa).

Ketika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol untuk roda dua ditutup sementara untuk menghindari risiko kecelakaan, kemudian apabila sudah melebihi 80 km/jam, jalur mobil juga ikut ditutup.

Jalan Tol Bali Mandara menjadi salah satu infrastruktur ramah lingkungan yang turut mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Tahun 2022 lalu dan telah menerapkan teknologi hemat energi melalui Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Water Recycling.

https://money.kompas.com/read/2023/01/23/091000226/mengenal-jalan-tol-bali-mandara-satu-satunya-jalan-tol-punya-jalur-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke