Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut KTT ASEAN Ke-42, Kemenhub Siapkan Bandara Komodo

"Kami telah melakukan peninjauan langsung ke Bandara Komodo, beberapa skema dukungan operasional akan dilakukan agar pelaksanaan penerbangan nantinya berjalan lancar," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023).

Kristi mengatakan, saat ini Bandara Komodo memiliki panjang runway 2.650 dan lebar 45 meter yang dapat melayani pesawat tipe A320 dan B738.

Selain itu, memiliki luas apron mencapai 31.000 m2 untuk 7 parking stand dengan rincian 4 pesawat narrow body dan 3 pesawat propeller.

"Bandara ini juga memiliki terminal penumpang seluas 13.366 m2 yang dapat memuat penumpang hingga 1.100.000 pertahunnya," ujarnya.

Kristi mengatakan, sebagai upaya antisipasi, pihaknya menyiapkan bandara alternatif di antaranya, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, dan Bandara El Tari di Kupang.

Ia juga mengatakan, selain beberapa fasilitas tersebut, sejumlah fasilitas pendukung lain tengah disiapkan untuk mendukung kegiatan KTT ASEAN meliputi, fasilitas pemeriksaan Custom, Imigration and Quarantine (CIQ) dan fasilitas helipad untuk medical evacuation.

"Suksesnya gelaran KTT ASEAN nanti tentunya tidak terlepas dari keterlibatan seluruh pihak. Saya berharap kita dapat membawa nama baik Indonesia di mata internasional dan memperkenalkan wisata di Labuan Bajo agar lebih terkenal sebagai destinasi wisata menarik lainnya selain Bali," tuturnya.

Lebih lanjut, Kristi meminta Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali untuk melakukan koordinasi dan kerja sama dengan seluruh pihak terkait guna memastikan kelengkapan sarana dan prasarana di Bandara Komodo.

https://money.kompas.com/read/2023/01/24/134000026/sambut-ktt-asean-ke-42-kemenhub-siapkan-bandara-komodo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke