Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nasabah Mulai Bergeser ke Digital, Nilai Transaksi BNI Mobile Banking Jauh Melampaui ATM

Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan, nilai transaksi BNI mobile banking sepanjang 2022 sebesar Rp 802 triliun, tumbuh 30,4 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Pertumbuhan nilai transaksi BNI mobile banking ini didorong oleh peningkatan jumlah pengguna BNI mobile banking yang pada 2022 mencapai 13,6 juta atau tumbuh 26,1 persen yoy.

Nilai transaksi tersebut, kata dia, jauh melampaui nilai transaksi melalui ATM yang sebesar Rp 676 triliun. Dengan jumlah transaksi mencapai 597 juta atau tumbuh 37,6 persen yoy.

"Angka tersebut menunjukkan bahwa nasabah BNI terus menshifting transaksinya dari platform konvensional ke platform digital. Hal ini sejalan dengan strategi BNI untuk menjadikan BNI mobile banking sebagai one stop financial Solutions bagi nasabah," ujarnya saat konferensi pers, Selasa (24/1/2023).

Sementara dari segmen wholesale banking, BNI memiliki BNIDirect untuk menunjang transaksi bisnis nasabah dan debitur non-perorangan secara digital dan mampu memenuhi semua kebutuhan klien dalam satu portal terintegrasi.

Sepanjang 2022, tercatat jumlah pengguna BNIDirect tumbuh 24,9 persen yoy menjadi 100.000 pengguna, diikuti oleh pertumbuhan volume transaksi sebesar 47 persen yoy atau setara Rp 6.168 triliun, dengan jumlah transaksi yang juga meningkat 18,4 persen yoy atau mencapai 764 juta transaksi.

"BNI fokus menggarap potensi bisnis nasabah di setiap aspek, dengan konsisten meningkatkan kapabilitas digital untuk mengembangkan berbagai solusi keuangan digital yang sesuai dengan kebutuhan nasabah," ucapnya.


Transformasi Bank Mayora

Masih dari transformasi digital, bank pelat merah ini berencana untuk mentransformasi Bank Mayora yang diakuisisi pada 2022 untuk menjadi bank digital yang berfokus pada segmen UMKM.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Mayora tanggal 6 Januari 2023, telah menunjuk manajemen baru yang merupakan kombinasi dari profesional dan ahli dengan latar belakang perbankan, startup business, hingga financial technology.

"Pengangkatan manajemen baru Bank Mayora ini diharapkan dapat memperkuat struktur manajemen perseroan dalam melakukan transformasi bank digital sebagai penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital bagi UMKM yang terdepan dan terunggul di Indonesia," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2023/01/25/093000926/nasabah-mulai-bergeser-ke-digital-nilai-transaksi-bni-mobile-banking-jauh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke