Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BNI Salurkan Kredit Berkelanjutan Rp 182,9 Triliun, 28,5 Persen dari Total Portofolio Kredit 2022

Direktur Risk Management BNI David Pirzada mengatakan, jumlah tersebut merupakan 28,5 persen dari total portofolio kredit perseroan di tahun 2022 yang sebesar Rp 532,2 triliun.

"Perseroan berkomitmen menginternalisasi prinsip keuangan berkelanjutan pada nilai-nilai, budaya kerja, strategi perusahaan, kebijakan operasional, serta sistem dan prosedur operasional perseroan. Komitmen ini salah satunya diwujudkan dalam Sustainable Portofolio yang BNI lakukan untuk sektor-sektor ramah lingkungan," ujarnya saat konferensi pers, Selasa (24/1/2023).

Sustainable portfolio ini utamanya diberikan untuk kebutuhan pengembangan ekonomi sosial masyarakat melalui pembiayaan segmen kecil sebesar Rp 123,2 triliun.

Kemudian juga disalurkan untuk pengelolaan bisnis ramah lingkungan dan sumber daya alam hayati sebesar Rp 19,7 triliun, energi baru dan terbarukan sebesar Rp 10,9 triliun, pembiayaan untuk pencegahan polusi sebesar Rp 4 triliun, dan sustainable portfolio lainnya sebesar Rp 25,1 triliun.

Praktik ESG

BNI berkomitmen untuk mengembangkan praktik usaha berkelanjutan sejalan dengan agenda global yaitu dengan mulai proaktif memperkenalkan sustainability linked loan (SLL), di mana salah satu aspek utama SLL adalah pemberian insentif bagi nasabah untuk memperbaiki aspek environmental, social and governance (ESG) dalam bisnis mereka.

Sepanjang tahun 2022, BNI telah menyalurkan SLL sebesar 355 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 5,3 triliun yang disalurkan kepada debitur top tier di sektor industri prioritas, seperti fast-moving consumer goods (FMCG) dan manufaktur.

"Kami juga menawarkan pricing yang menarik sebagai insentif bagi debitur dalam rangka meningkatkan pencapaian aspek ESG dalam bisnis usaha mereka sesuai jangka waktu yang telah disepakati. Untuk jangka panjang, kami ingin terus meningkatkan inisiatif tersebut agar menjadi bank dengan praktik ESG terbaik di Indonesia," ucap David.

https://money.kompas.com/read/2023/01/25/103000226/bni-salurkan-kredit-berkelanjutan-rp-182-9-triliun-28-5-persen-dari-total

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke