Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Pemerintah Incar Pasar Afrika Timur untuk Genjot Ekspor

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto dalam dalam agenda BRI Micro Finance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).

"Semalam kita baru landing Pak Dirut (BRI), dari Afrika. Saya dari Kenya, Kongo, dan Zimbabwe. Kita lagi mengeksplor pasar untuk Indonesia di sana ya," ujarnya di Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Kunjungan pimpinan Kemenko Marves ke Afrika dilakukan setelah menghadiri pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) yang berlangsung di Davos, Swiss.

Seto megatakan perekonomian Kenya berkembang pesat. Oleh karena itu, Kenya diinilai berpotensi sebagai hub ekspor Indonesia ke negara-negara Afrika Timur lainnya.

Dalam kunjungan ke Kenya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang didampingi para deputinya membahas beberapa komitmen dan kesepakatan agar lebih memperkuat hubungan bilateral.

Pemerintah Indonesia menawarkan kerja sama kepada Pemerintah Kenya mulai dari sektor energi, kendaraan listrik, hingga industri pertahanan.

"Saya juga menjelaskan bahwa kekayaan sumber daya alam Indonesia yang begitu besar saat ini, telah dialokasikan secara efektif untuk memacu pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor," kata Luhut dalam akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Senin (23/1/2023).

"Kami menyampaikan bahwa Indonesia siap berbagi pengalaman dan praktik terbaiknya dengan Kenya di semua sektor tersebut. Kerja sama antara kedua negara di sektor-sektor tersebut akan mengikutsertakan sektor swasta dari kedua negara," sambungnya.

Luhut juga mengungkapkan akan membentuk Tim Gugus Tugas Bersama untuk mendorong pembahasan kerja sama dari semua sektor tersebut.

https://money.kompas.com/read/2023/01/26/142757226/alasan-pemerintah-incar-pasar-afrika-timur-untuk-genjot-ekspor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke