Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun Manggarai Penuh Sesak Penumpang, KCI: Stasiun Masih dalam Proses Pembangunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Manggarai kembali menjadi sorotan publik setelah para penumpang mengeluhkan kepadatan penumpang di stasiun melalui media sosial Twitter beberapa hari yang lalu.

Dalam beberapa cuitan, netizen menyisipkan foto yang menunjukan kepadatan di peron serta eskalator Stasiun Manggarai

Menanggapi hal tersebut, Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan, kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai disebabkan karena stasiun masih dalam proses pembangunan.

"Untuk pengguna commuter yang membludak dapat disampaikan bahwa Stasiun Manggarai masih proses pembangunan sebagai stasiun sentral," kata Leza saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

Leza juga mengatakan, persebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30-07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB sehingga banyak pertemuan penumpang di Stasiun Manggarai.

"Saat ini KAI Commuter mengoperasikan 1081 perjalanan di Wilayah Jabodetabek. Untuk memantau kepadatan Stasiun dan perjalanan secara real time dapat menggunakan KRL Access," ujarnya.

Secara terpisah, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyampaikan permintaan maaf atas situasi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta akibat eskalator dan lift yang tersedia tidak berfungsi pada Kamis (26/1/2023).

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan terkait kondisi eskalator dan lift di Stasiun Manggarai," kata Adita saat dihubungi Kompas.com, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini eskalator dan lift di Stasiun Manggarai yang melayani penumpang KRL Jabodetabek sudah berfungsi secara optimal.

Menurut Adita, pekerjaan dan perawatan eskalator dan lift dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta telah tuntas sejak Rabu (25/1/2023).

"Pekerjaan perawatan eskalator dan lift tersebut merupakan bagian dari peningkatan fasilitas penunjang stasiun dan dilakukan dengan mengganti komponen mesin yang perlu diperbaiki," ujarnya.

Adita mengatakan, seluruh rangkaian pekerjaan dan perawatan eskalator dan lift dilakukan pada saat malam hari secara bertahap untuk menghindari kepadatan serta penumpukan penumpang.

Saat ini, kata dia, tersisa satu unit eskalator di pintu barat Stasiun Manggarai (Stasiun Bandara) yang masih dilakukan perawatan.

"Dan tidak akan berdampak signifikan kepada perjalanan penumpang KRL Jabodetabek," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2023/01/27/191000726/stasiun-manggarai-penuh-sesak-penumpang-kci--stasiun-masih-dalam-proses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke