Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Petani Buang-buang Tomat, Kementan: Itu Bukan Petani, Tapi Pedagang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa video viral yang berisikan petani buang-buang tomat sebenarnya bukanlah petani melainkan pedagang. Hal ini menyusul sudah dilakukan penyelidikan dan evaluasi oleh Kementan.

"Sudah dievaluasi yang buang tomat itu bukan petani, itu pedagang, dagangannya enggak laku, marah-marah, dibuang-buang sama dia," ujar Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat ditemui Kompas.com di Sumatera Utara, Kamis (26/1/2023).

Menurut Prihasto tindakan yang dilakukan oleh pedagang tersebut adalah salah, lantaran membuang makanan, sekalipun dengan alasan harganya yang jatuh

" Harusnya kan dibagikan sama orang walaupun mereka rugi," imbuh Prihasto.

Adapun sebelumnya, tersebar di media sosial video viral yang memperlihatkan dua petani membuang dua kotak kayu berisi tomat ke jurang.

Dalam keterangan video, disebutkan bahwa petani kesal lantaran harga jual tomat anjlok.

Kedua petani itu lalu membalikkan kotak kayu itu sehingga tomat matang jatuh ke jurang di tepi sungai.

Sementara di dalam bak mobil terlihat masih ada puluhan peti kayu berisi tomat.

"Pasarannya lagi sepi, peminatnya kurang, sedangkan yang panen banyak, sekarang harga hanya Rp 800, enggak ketutupan sama modalnya," kata Pudin dikutip dari Antara, Selasa (24/1/2023).

https://money.kompas.com/read/2023/01/28/151000026/viral-video-petani-buang-buang-tomat-kementan--itu-bukan-petani-tapi-pedagang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke