Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai Belanja Pakai Voucher Dibatalkan Otomatis, Ini Penjelasan Tokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengguna platform e-commerce Tokopedia sempat beramai-ramai menggunakan voucher belanja yang memberikan potongan harga Rp 100.000 dan bisa digunakan berkali-kali. Kode voucher ini pun tersebar luas, salah satunya di media sosial Twitter.

Seperti yang cuit oleh akun @lucu2809, bahwa ada dua voucher belanja Tokopedia potongan harga Rp 100.000 yang bisa digunakan pelanggan Tokopedia untuk membeli jenis barang apapun dengan minimal pembelian Rp 150.000. Kedua voucher itu yakni TMRW100PEKR6X50 dan TMRW1002TJH7GP8.

Namun, kini kedua voucher itu tidak lagi bisa digunakan. Bahkan, untuk pembelian barang yang menggunakan voucher tersebut tetapi masih dalam proses pemesanan, dibatalkan otomatis oleh pihak Tokopedia.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengakui adanya pembatalan otomatis untuk pembelian menggunakan kedua voucher belanja Tokopedia tersebut. Lantaran, transaksi tersebut tidak memenuhi ketentuan promo.

"Sejumlah transaksi tidak dapat diproses melalui Tokopedia dikarenakan tidak memenuhi syarat dan ketentuan promo yang berlaku," ungkapnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (28/1/2023).

Adapun berdasarkan informasi lain yang diterima Kompas.com, kedua voucher belanja Tokopedia tersebut pada dasarnya merupakan bagian promo yang dikhususkan untuk pengguna bank digital UOB yakni TMRW. Hal ini senada dengan kode voucher yang diawali huruf TMRW.

Sayangnya, kedua kode voucher tersebut tersebar luas di masyarakat. Perihal faktor yang menyebabkan kode voucher bisa tersebar, Kompas.com telah menanyakan kepada Tokopedia, namun tidak dijawab.

Lebih lanjut, terkait pembatalan otomatis pesanan menggunakan voucher itu, Ekhel meminta maaf kepada para pelanggan Tokopedia. Menurutnya, pesanan yang dibatalkan telah diberikan pengembalian dana oleh pihak Tokopedia.

"Kami memohon maaf kepada pengguna yang tidak bisa melanjutkan transaksi. Uang yang telah dibayarkan pembeli, namun gagal bertransaksi, sepenuhnya telah dikembalikan sesuai prosedur," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/01/28/211559326/ramai-belanja-pakai-voucher-dibatalkan-otomatis-ini-penjelasan-tokopedia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke