Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sektor Logistik Diprediksi Masih Moncer, Tiki Targetkan Pertumbuhan Bisnis Capai 20 Persen pada 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa kurir dan logistik dan PT Citra Van Titipan Kilat atau Tiki menargetkan pertumbuhan bisnis di angka 20 persen pada tahun 2023.

Direktur Pelaksana Tiki Trie Maulana Apriyanto optimistis target tersebut bisa tercapai dengan strategi yang akan memfokuskan 5 pilar utama Tiki, yakni pelanggan, jaringan, proses layanan, teknologi, dan sumber daya manusia (SDM) atau karyawan Tiki.

"Kami melihat bisnis atau prospek logistik di tahun ini masih oke dan target tahun ini masih optimis tumbuh 20 persen tahun ini," ujar Trie saat wawancara khusus dengan Kompas.com, Senin (30/1/2023).

Lebih lanjut Trie menjelaskan untuk pilar pertama yang akan difokuskan perusahaan adalah pelanggan atau customer base Tiki.

Untuk pelanggan, perusahaanya akan melihat bagaimana karakteristik pelanggan hingga kebutuhan pelanggan yang nantinya akan disesuaikan dengan layanan Tiki.

"Kami harus melakukan peremajaan dan modifikasi layanan kami yang cocok dengan kebutuhan pelanggan kami," jelasnya.

Kedua adalah Tiki akan fokus pada jaringan Tiki. Trie bilang perusahaanya akan mengevaluasi apakah jaringan Tiki yang saat ini sudah tersebar di 66 kota besar dan memiliki 3.700 gerai, cukup untuk kebutuhan pelanggan dalam hal kebutuhan layanan logistik.

Tahun ini, Tiki bahkan menargetkan 15 persen pertumbuhan untuk jumlah gerainya.

"Kami akan terus mengevaluasi apakah sudah mencakup kebutuhan pelanggan dan menggapai mereka dari seluruh pelosok. Kami juga akan pastikan jaringan kami selalu ada dan dekat dengan pelanggan kami," ungkap Trie.

Kemudian, pihaknya juga akan fokus ke standar proses layanan Tiki agar terus ditingkatkan dalam hal pelayanan ke penggunanya.

"Lalu yang keempat untuk memadukan semua pilar tadi mulai dari pengguna, layanan, hingga proses pelayanan, semuanya kami padukan dengan adanya dukungan teknologi. Kami percaya teknologi bisa meningkatkan produktivitas dan memangkas proses, sehingga lebih efektif dan efisien," jelas Trie.

Sementara yang kelima, Tiki juga akan meningkatkan kualitas SDM atau karyawannya. Trie percaya dengan bertumbuhnya skill yang dimiliki oleh para karyawan Tiki akan sejalan dengan tingkat layanan yang diberikan oleh perusahaanya ke pelanggan.

Trie menambahkan, sepanjang 2022 kemarin, pertumbuhan bisnis Tiki juga moncer yang naik sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya.

"Kita tumbuh 20 persen dari tahun kemarin, penopangnya 40 persen dari korporat dan 60 persen ditopang oleh pertumbuhan bisnis ritel," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/01/30/144000826/sektor-logistik-diprediksi-masih-moncer-tiki-targetkan-pertumbuhan-bisnis

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+