Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Tech Winter" Masih Bakal Berlanjut, "Start-up" Perlu Efisiensi

CEO & Founder Ayoconnect Jakob Rost mengatakan perusahaan rintisan atau start-up masih akan menghadapi tahun yang menantang pada 2023.

"Tahun ini masih akan menantang untuk start-up, banyak perubahan besar yang terjadi," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (31/1/2023).

Meskipun demikian, pihaknya optimistis start-up masih akan tumbuh pada tahun ini. Hal itu terutama dipengaruhi oleh tingkat konsumsi masyarakat yang terus tumbuh.

Apalagi keyakinan itu dibarengi dengan banyak investasi yang masuk ke Indonesia, terutama di sektor konsumer.

Dari sektor perusahaan sendiri, Jakob akan berupaya mempertahankan kapital perusahaan. Selain itu, pihaknya akan tetap melakukan efisiensi terhadap proses operasional bisnisnya.

"Saya pikir semester 2 tahun 2023 kondisi akan jadi lebih baik," imbuh dia.

Jakob sendiri mengaku, tahun lalu Ayoconnect mencatat kinerja yang baik. Hal ini didorong oleh mitra bisnisnya yang semakin sadar pentingnya memanfaatka teknologi untuk membuat bisnis lebih efisien dan hemat.

Ke depan, perusahaan besar akan tetap berjalan dengan lebih selektif menjalankan bisnisnya. Hal itu akan dibarengi dengan tetap mencari pendanaan baru untuk dapat terus mengembangkan bisnis.

"Perusahaan akan tetap melanjutkan untuk mencari investor tahun ini," kata dia.

Sementara itu, President Director PT Mastercard Indonesia Navin Jain mengatakan, tahun ini perusahaan akan lebih memperhatikan teknologi untuk membuat bisnis lebih efektif.

Selain itu, untuk dapat bertahan, perusahaan perlu menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Ventures Capital juga mungkin akan lebih selektif. Tapi tahun ini semoga bisnis dapat lebih lancar iadingkan tahun lalu," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/01/31/133647026/tech-winter-masih-bakal-berlanjut-start-up-perlu-efisiensi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke