Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susul Shopee, Lazada Juga Turunkan "Seller" yang Jual Minyakita di Atas HET

Berdasarkan pantauan Kompas.com di platform Lazada, seller yang berasal dari Kabupaten Bekasi menjual Minyakita Rp 17.900 untuk kemasan 1 liter botol. Padahal ini melanggar aturan Kementerian Perdagangan yang menetapkan harga migor Minyakita harus dijual sesuai HET yakni Rp 14.000 per liter.

Mirisnya, ada 427 produk yang sudah terjual.

Kemudian seller asal Kabupaten Bekasi juga serupa yang menjual Minyakita Rp 16.000 per liter.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Lazada yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pihaknya melarang penjualan produk kebutuhan rumah tangga yang di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) sesuai dengan peraturan pemerintah.

Lazada juga telah menerapkan kebijakan dan proses pengawasan ketat untuk mencegah penjualan barang kebutuhan rumah tangga di atas HET.

"Tim kami selalu mengawasi dan secara rutin meninjau aktivitas penjual dan pelanggan di platform untuk memastikan semua pihak mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku di Lazada. Jika terindikasi melakukan pelanggaran ketentuan bertransaksi, Lazada segera menurunkan produk yang melanggar tersebut serta memberikan sanksi kepada toko atau akun yang bersangkutan," ujar Juru Bicara Lazada yang enggab disebutkan namanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Toko jual Minyakita di atas HET bisa dilaporkan

Lazada juga mengajak semua pihak untuk memberikan informasi dan masukan dari pelanggan untuk meningkatkan proses pengawasan di platformnya.

"Pelanggan dapat melaporkan toko yang terindikasi melanggar peraturan secara langsung melalui aplikasi Lazada dengan tiga langkah mudah yakni mengklik tiga titik di pojok kanan atas halaman produk, klik ‘Laporkan’, dan klik topik yang ingin dilaporkan," jelas Juru Bicara Lazada yang enggan disebutkan namanya. 

"Kami selalu berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman berbelanja dan bertransaksi yang aman dan nyaman baik bagi penjual maupun pelanggan di platform Lazada," pungkasnya.

Untuk diketahui, Minyakita adalah merk minyak goreng curah yang diluncurkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Juli 2022 lalu, sebagai produk untuk menekan harga minyak goreng yang melambung tinggi.

Produk minyak goreng ini dibanderol sesuai Harga Eceren Tertinggi (HET) yakni Rp 14.000 per liter.

https://money.kompas.com/read/2023/01/31/173418426/susul-shopee-lazada-juga-turunkan-seller-yang-jual-minyakita-di-atas-het

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke