Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

B35 akan Diimplementasikan Besok, Menko Airlangga: Seluruhnya Sudah Siap

"Seluruhnya sudah siap," kata Airlangga, di kantornya, Selasa (31/1/2023).

Airlangga mengatakan, saat ini terjadi penurunan permintaan ekspor minyak kelapa sawit. Hal ini diakibatkan oleh campaign Eropa terkait dengan deforestasi hutan.

Dia mengatakan, implementasi B35 ini diharapkan dapat menjawab masalah penurunan ekspor sawit di Indonesia, sehingga para petani sawit bisa dengan tenang menjalankan bisnisnya.

"Menurunnya permintaan ekpor minyak sawit akibat di beberapa negara, seperti Eropa yang melakukan campaign soal sawit," ujarnya.

Airlangga juga mengatakan dengan implementasi B35 ini, diharapkan demand minyak sawit di dalam negeri bisa meningkat, dari kebutuhan saat ini 9 juta kilo liter naik menjadi 19 juta kilo liter.

"Tentunya dari segi tekni ini tidak masalah, B35 ini bagi Indonesia salah satu yang tertinggi (Biofuel) dibanding negara lain," ujarnya.

Melalui implementasi B35 ini, dia juga berharap bisa mendorong penurunan emisi CO2, serta menghemat 35 juta ton setara CO2.

"Ini merupakan program yang mendorong bauran energi mix di Indonesia dan mengurangi impor BBM," tegas Airlangga Hartarto.

https://money.kompas.com/read/2023/01/31/181000726/b35-akan-diimplementasikan-besok-menko-airlangga--seluruhnya-sudah-siap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke