Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tempat Pembuangan Sampah Disulap Jadi Taman Kreatif, Sandiaga: Bisa Jadi Daya Tarik Wisata Lingkungan Hidup

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) untuk mendukung industri kreatif berbasis lingkungan hidup di TBM Alang Alang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di lokasi tersebut yang awalnya merupakan tempat pembuangan sampah sementara, kini diubah menjadi taman wisata masyarakat berbasis lingkungan hidup. 

"Saya sangat apresiasi karena aktifitas berbasis masyarakat yang ingin melestarikan lingkungannya, dimana kita melihat konservasi kali Krukut ini yang biasanya identik dengan banjir, tapi sekarang ada kegiatan masyarakatnya," kata Sandiaga Uno, dalam keterangan tertulisnya Rabu (1/2/2023).

Menurut dia, selain bisa menjadi daya tarik pariwisata, taman wisata kreatif tersebut juga diharapkan mampu membuka peluang usaha baru.

"Ke depannya salah satu ide yang luar biasa dari Babeh Idin, dari Mas Hanung mungkin bisa buat film ya, film Si Pitung di dekat sini, cocok dengan alamnya. Ini juga bisa jadi daya tarik wisata lingkungan hidup, tapi juga membuka peluang usaha dan meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Sandiaga Uno.

Hal serupa diungkapkan oleh Panglima Laskaru, Rezza Shidqi. Dia mengatakan, kehadiran pemerintah akan sangat membantu masyarakat dalam mengelola kampung wisata tersebut.

Apalagi Jika rencana pembuatan film "Si Pitung" dapat diwujudkan, maka daya tarik masyarakat akan semakin kuat untuk mendatangi taman wisata kreatif itu.

"Kehadiran pemerintah sangat kami perlukan, tanpa pemerintah kami tidak bisa berbuat banyak dan mas Hanung itu sudah sukses dibidangnya, kami percayakan kepada beliau. Semoga filmnya bisa terwujud dan setelah set itu selesai diproduksi maka bisa jadi tempat wisata baru," kata Rezza.

https://money.kompas.com/read/2023/02/01/112000226/tempat-pembuangan-sampah-disulap-jadi-taman-kreatif-sandiaga--bisa-jadi-daya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke