Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahlil ke Investor: IKN Ini Barang Bagus, Ibarat Wanita Kampung yang Cantik Belum Dipoles

Hal tersebut dia sampaikan kepada investor yang hadir dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2023 yang berlangsung di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

"IKN ini barang bagus, IKN ini seperti wanita kampung yang cantik. IKN ini saya ibaratkan, ada wanita cantik dari kampung yang pintar, smart, anggun cuma belum dipoles saja, belum dibawa ke salon. Daripada wanita yang kotanya setengah-setengah, tapi polesannya terlalu banyak, isinya kurang bagus. Seperti itu kira-kira IKN," kata Bahlil.

Pemerintah kata dia, akan memberikan kemudahan serta insentif kepada investor yang ingin berinvestasi di IKN, mulai dari perizinan hingga tax holiday. Terutama untuk tax holiday, investor akan mendapatkan insentif lebih besar dibandingkan daerah lainnya.

"Menyangkut IKN saya mempertegas bahwa tax holiday ataupun insentif lainnya di IKN, lebih besar dan lebih baik ketimbang di daerah lain di Indonesia. Karena kita memperlakukan lex specialis untuk IKN," ucap Bahlil,

Kemudahan perizinan dan insentif yang diberikan itu, lanjut Bahlil, dalam rangka menarik minat para investor agar tertarik berinvestasi di Ibu Kota Negara baru tersebut.

"Ini semua dalam rangka bagaimana merangsang agar IKN itu ketika orang melakukan investasi IRRnya bisa cepat, break even pointnya bisa pasti berapa lama. Terakhir untuk IKN, biarlah kita yang mengurus perizinannya semua, yang penting kalian datang saja," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, minat investasi di IKN meningkat 25 kali lipat dari total lahan yang ditawarkan pada tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan IKN Nusantara, pihaknya telah berkirim surat kepada Kementerian Keuangan terkait kebutuhan anggaran tahun 2023 sebesar Rp 12,7 triliun.

"Anggaran ini untuk pembangunan jalan kerja logistik dan akses jalan KIPP dan pembangunan hunian ASN dan TNI, Polri," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/02/02/141022126/bahlil-ke-investor-ikn-ini-barang-bagus-ibarat-wanita-kampung-yang-cantik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke