Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Ungkap Rencana Pemerintah Pangkas Jumlah Bandara Internasional Jadi Tinggal 15

Dia mengatakan, hal ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang diputuskan dalam rapat bersama Menteri Perhubungan, yang dilangsungkan Selasa (31/1/2023) lalu.

"Bandara international yang diharapkan harus berpihak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan tetap menjaga pariwisata international dan domestik, yaitu 14-15 bandara," kata Erick Thohir di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Kamis (2/2/2023).

Erick mengatakan, Indonesia tidak bisa disamakan dengan negara-negara kepulauan lain yang hanya memiliki 1-2 bandara.

Menurutnya, dengan bentuk kepulauan, maka dalam menghubungkan titik-titik logistik akan lebih mudah, sehingga bisa menghemat anggaran

"Dari hasil meeting, kita ini negara kepulauan yang pastinya tidak bisa disamakan dengan Singapura, Uni Emirat Arab (UAE) yang dimana hanya 1-2 bandara. AS satu pulau besar, China 1 pulau besar, artinya transportasi antar titik logistik lebih mudah kalau kita kepulauan," lanjut Erick.

Erick mengatakan, bandara-bandara yang saat ini beroperasi di daerah akan tetap dioperasikan. Namun, hanya untuk kebutuhan Umroh saja.

Erick mengatakan pemangkasan jumlah bandara internasional hingga 15 ini juga sebagai upaya untuk menekan jumlah wisatawan domestik yang berwisata ke luar negeri.

"Bagaimana dengan bandara yang sudah ada di daerah? Boleh, tapi Umroh saja. Jangan kita mencptakan pemborosan baru. Nanti lebih banyak orang Indonesia yang keluar negeri, dibanding yang (wisata) di dalam negeri," ungkapnya.

Erick Thohir melanjutkan, berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif perputaran uang mayoritas adalah dari pariwisata domestik. Sehigga dia menilai, penting agar kebijakan ini dapat dilakukan.

"Kan data-data di Kementerian Pariwisata mayoritas perputaran uang, mayoritas perputaran pariwisata nasional adalah di domestik, bukan international. Itu realita dan fakta yang ada," tegasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/02/02/143500626/erick-thohir-ungkap-rencana-pemerintah-pangkas-jumlah-bandara-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke