Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Bisa Bersaing dengan Swasta, 2 BUMN Layanan Pelabuhan Lakukan Kerja Sama

Untuk itu, dua BUMN bidang kepelabuhan yakni PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pelindo Jasa Maritim (PJM) meneken Perjanjian Induk Kerjasama Layanan Jasa Maritim untuk memperkuat dan memperluas layanan jasa maritim di Indonesia pada 24 Januari 2023 lalu.

Perjanjian induk ini merupakan bentuk kolaborasi dalam ekosistem bisnis terintegrasi.

Ekosistem bisnis yang terintegrasi tersebut meliputi pelayanan pemanduan dan penundaan kapal, pelayanan docking kapal, pelayanan Oil Spill Response (OSR), pelayanan bunkering services.

Kemudian pelayanan ship handling, pelayanan marine infrastructure & facility maintenance, pelayanan salvage, pelayaran underwater services.

Serta, pelayanan dredging, pelayanan ship agency, pelayanan Ship to Ship (STS) Support Provider, serta pelayanan waste management.

Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan mengatakan, selain kerja sama yang sudah diteken, akan ada segmen bisnis lain yang bisa dikerja samakan.

"Itu banyak ada oil spill response, ada repair kapal, ada dredging. Apabila sinergi sudah berjalan, kita dapat menjadi market leader untuk dredging di Indonesia ini,” kata Nepos melalui keterangannya, Kamis (2/2/2023).

Direktur Utama PJM, Prasetyadi menambahkan, ada perjalanan panjang sebelum kedua pihak meneken kerja sama inti tersebut. Mudah-mudahan ke depan untuk planning kerja sama di operasional bisa dapat lebih baik lagi," tambahnya.

Soal persaingan dengan swasta, Arief Hermawan selaku Group Head Pelayanan Kapal mewakili Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) mengatakan, dengan kerja sama ini diharapkan menunjukkan kembali bahwa pihaknya bisa berkomitmen untuk melaksanakan pelayanan maritim dengan sebaik-baiknya.

"Empat (BUMN layanan pelabuhan) itu sebetulnya kami menghadapi yang 55 (BUP swasta) .Di sinilah pentingnya bersinergi antara BUMN," katanya.

Sebagai tambahan informasi, didasarkan oleh cakupan wilayah operasi PTK dan PJM yang cukup luas dan strategis, kedua belah pihak menyepakati beberapa lokasi sebagai pilot project untuk mengimplementasikan kerja sama.

Antara lain yaitu Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Cilacap, Pelabuhan Biak, Pelabuhan Kupang, Pelabuhan Pulau Sambu, Pelabuhan Sei Siak, Pelabuhan Pangkalan Susu, Pelabuhan Kijang, Pelabuhan STS Pontianak, dan Pelabuhan STS Teluk Semangka.

https://money.kompas.com/read/2023/02/02/171259426/agar-bisa-bersaing-dengan-swasta-2-bumn-layanan-pelabuhan-lakukan-kerja-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke