Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Program Bagi-bagi Rice Cooker, Kementerian ESDM: Masih dalam Pembahasan

JAKARTA, KOMPAS.com - Program bagi-bagi rice cooker atau penanak nasi listrik masuk ke dalam anggaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun Anggaran (TA) 2023.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, program prioritas tahun 2023 di mana anggaran infrastruktur masyarakat dan survei sumber daya energi dan mineral dialokasikan Rp 2,5 triliun atau 45,4 persen dari pagu Rp 5,5 triliun.

“Antara lain diperuntukkan untuk sejumlah kegiatan, pertama, kelanjutan pembangunan pipa gas bumi Tahap I Ruas Semarang-Batang (kelanjutan 2022) akan selesai di tahun 2023,” jelasnya dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VII DPR RI, Kamis (2/2) dikutip dari Kontan.co.id.

Kemudian program Konkit Nelayan 20.000 paket, Konkit Petani 30.000 paket, PJT-TS 41.075 unit. Program prioritas lainnya, Alat Penyalur Daya Listrik (APDAL) 8.097 unit, PLTMH 2 unit, PLTS Terpadu Wilayah 3T sebanyak 10 unit, Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 83.000 sambungan rumah tangga.

“Lalu penanak nasi listrik sebanyak 680.000 unit, ini masih dalam pembahasan dengan pihak-pihak lintas terkait,” kata Arifin.

Program prioitas lainnya, revitalisasi PLT-EBT sebanyak 3 unit, insentif pengembangan koversi kendaraan listrik untuk 1 unit konversi bus listrik dan 350 unit konversi motor listrik

Di sektor kegeologian program yang dilakukan ialah penambahan 7 unit pos pengamat gunung api, penambahan 3 wilayah pusat informasi geologi, dan penetapan warisan geologi dan geopark nasional sebanyak 4 rekomendasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. .

Arifin menjelaskan lebih lanjut, Kementerian ESDM juga juga telah mengusulkan anggaran tambahan tahun 2023 sebesar Rp 573,69 miliar kepada Kementerian Keuangan dan Bappenas untuk kelanjutan pemasangan Pipa Sambungan Cirebon Semarang tahap 2 ruas Batang-Cirebon-Kandang Haur Timur. (Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Program Bagi-Bagi Rice Cooker Masuk Ke Anggaran Kementerian ESDM 2023"

https://money.kompas.com/read/2023/02/02/204805126/soal-program-bagi-bagi-rice-cooker-kementerian-esdm-masih-dalam-pembahasan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke