Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Kinerja Keuangan Pertamina Geothermal Energy yang Bakal IPO

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Geothermal Energy tengah menjalankan rangkaian proses penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Anak usaha PT Pertamina (Persero) itu berupaya menghimpun dana lewat pasar modal dengan melepas 10,35 miliar saham baru atau setara 25 persen modal disetor perusahaan.

Rencana melantainya Pertamina Geothermal Energy sudah dibahas oleh investor pasar modal sejak tahun lalu. Sejumlah investor telah menantikan IPO dengan target dana yang hampir mencapai Rp 10 triliun itu.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli saham perusahaan yang bergerak pada industri panas bumi itu, ada baiknya mengetahui kinerja keuangan perusahaan terlebih dahulu.

Berdasarkan data dokumen prospektus perusahaan, hingga akhir kuartal III-2022 Pertamina Geothermal Energymembukukan laba bersih sebesar 111,43 juta dollar AS. Realisasi itu melonjak sekitar 67,8 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yakni sebesar 66,39 juta dollar AS.

Lonjakan laba itu salah satunya disebabkan oleh pendapatan usaha perusahaan yang mencapai 287,34 juta dollar AS hingga pengujung September 2022. Ini sebenarnya hanya tumbuh tipis, yakni sebesar 3,9 persen dari 276,61 juta dollar AS.

Manajemen Pertamina Geothermal Energy menyatakan, peningkatan pendapatan usaha utamanya disebabkan oleh eskalasi harga jual listrik panas bumi yang dipengaruhi oleh naiknya Indeks Harga Produsen Amerika Serikat selama sembilan bulan pertama tahun 2022. Ini melebihi jumlah yang diperlukan untuk menutupi penurunan total listrik yang diproduksi pada periode yang sama di tahun 2021.

Pada saat bersamaan, pos beban pokok pendapatan dan beban langsung lainnya menurun sebesar 9,5 persen secara tahunan menjadi 122,41 juta dollar AS. Ini disebabkan oleh pelemahan rupiah terhadap dollar AS, di mana sebagian besar beban pokok pendapatan dan beban langsung lainnya ditransaksikan dalam rupiah, namun dibukukan dalam dollar AS.

Kemudian, beban keuangan juga tercatat menurun sebesar 19,7 persen menjadi 8,96 juta dollar AS. Penurunan tersebut utamanya disebabkan oleh refinancing shareholder loan dengan bridging loan yang memiliki tarif bunga yang lebih rendah.

Dengan realisasi-realisasi itu, laba sebelum beban pajak penghasilan Pertamina Geothermal untuk periode sembilan bulan yang berakhir pada tanggal 30 September 2022 meningkat sebesar sebesar 69,4 persen menjadi 170,92 juta dollar AS.

Pertamina Geothermal Enegy mencatatkan aset sebesar 2,44 miliar dollar AS hingga September tahun lalu. Kemudian, perusahaan memiliki liabilitas 1,13 miliar dollar AS dan ekuitas sebesar 1,31 miliar dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2023/02/03/170000126/melihat-kinerja-keuangan-pertamina-geothermal-energy-yang-bakal-ipo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke