Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekosistem Pembiayaan Komprehensif, Upaya BTN Selesaikan"Backlog" Perumahan

Salah satu penyebab tingginya angka backlog ialah berkaitan dengan pembiayaan pada sektor perumahan. Sejumlah masyarakat, khususnya kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kesulitan untuk mengakses pinjaman perbankan, sehingga tingkat penyerapan hunian lebih lambat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN berencana memperkuat ekosistem pembiayaan perumahan. Bank spesialisasi kredit pemilikan rumah (KPR) itu menyiapkan sejumlah skema pembiayaan baru untuk mempermudah akses masyarakat.

Skema pembiayaan baru pertama yang disiapkan oleh BTN ialah berkaitan dengan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP). Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar mengatakan, perusahaan mengusulkan masa tenor subsidi selama 10 tahun dan bunga 5 persen untuk produk tersebut.

"Kemudian, untuk tahun berikutnya diberlakukan penyesuaian skema mengikuti perbaikan ekonomi debitur KPR Subsidi," kata dia, dalam keterangannya, dikutip Minggu (5/2/2023).

KPR dengan skema FLPP sendiri memang telah menjadi salah satu produk pembiayaan perumahan andalan BTN bagi kelompok MBR. Pasalnya, lewat produk ini MBR akan mendapatkan bantuan likuiditas dari pemerintah, sehingga bisa menerima kredit dengan tenor panjang, angsuran rendah, hingga keringanan iuran lain.

Kemudian, BTN juga menyiapkan skema rent to own. Skema kredit ini disiapkan oleh BTN bagi masyarakat yang bekerja dalam sektor informal.

Pekerja sektor informal memang kerap kesulitan untuk mengakses pembiayaan hunian dari bank. Ini tidak terlepas dari kurangnya dokumen dan kesulitan bank untuk mengakses riwayat keuangan pekerja.

Oleh karenanya, BTN menyediakan skema rent to own bagi para pekerja sektor informal. Dengan skema ini pekerja informal dapat menikmati fasilitas sewa selama 6 bulan sebelum mendapatkan KPR.

"Tahap pertama yakni sewa dan KPR, lalu tahap kedua yakni KPR," ujar Hirwandi.

Usulan-usulan itu disampaikan oleh BTN untuk menciptakan sumber pendanaan hunian yang berkelanjutan. Dengan demikian, pembiayaan perumahan tidak lagi bergantung kepada dana pemerintah.

“Kami berharap, secara bertahap implementasi usulan ini dapat mengurangi penggunaan dana negara untuk perumahan rakyat, namun manfaat yang diterima masyarakat Indonesia semakin besar,” kata Hirwandi.


Maksimalkan channel digital

Guna mengatasi permasalahan backlog, BTN juga akan mengandalkan channel digitalnya. Bank pelat merah itu akan meluncurkan aplikasi yang dapat menyediakan berbagai layanan, atau super app dalam waktu dekat.

Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan, pengajuan KPR melalui channel digital semakin meningkat. Oleh karenanya, perseroan meluncurkan aplikasi tersebut untuk memfasilitasi pertumbuhan tersebut.

Adapun kehadiran super apps disebut dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada nasabah berkat pemanfaatan digital. Ini akan melengkapi ekosistem pembiayaan perumahan yang telah dimiliki oleh BTN.

"Saat ini pada dasarnya kita sudah memiliki ekosistem, khususnya ekosistem mortgage (perumahan) yang selama ini menjadi kekuatan BTN, sehingga konsep solusi digital kita melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi dan kekuatan ekosistem kita," tutur dia, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (4/2/2023).

Untuk memfasilitasi kebutuhan pembiayaan perumahan nasabah, BTN tidak hanya menghadirkan fitur dasar mobile banking saja nantinya. Andi bilang, dalam super apps BTN akan dihadirkan fitur berkaitan bidang perumahan, mulai dari pengajuan KPR atau kredit lainnya, simulasi KPR, hingga berbagai transaksi perumahan lain.

"Seperti bayar listrik, air, gas, pajak (PBB). Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN. Ini yang akan menjadi pembeda dengan yang lain," tuturnya.

Dengan platform yang benar-benar baru dan dikelola langsung oleh sumber daya manusia andal yang dipersiapkan oleh perusahaan, Andi pun yakin BTN Mobile nantinya akan banyak dibutuhkan oleh para nasabahnya.

"Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan bagi nasabah untuk mendapatkan solusi digital terkait kebutuhan ekosistem perumahan," kata Andi.

Setelah meluncur, super apps diyakini dapat menciptakan optimalisasi transaksi BTN. Bank dengan kode saham BBTN itu mengincar sekitar 5 -7 juta nasabah untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile.

Peralihan itu optimis dapat direalisasikan, sebab super apps diklaim dapat memberikan kemudahan akses kepemilikan rumah, mulai dari proses penghitungan simulasi, pengajuan KPR, hingga perawatan rumah nantinya.

"Sehingga pada akhirnya nanti akan membantu mengurangi backlog," ucap Andi.

https://money.kompas.com/read/2023/02/05/070500726/ekosistem-pembiayaan-komprehensif-upaya-btn-selesaikanbacklog-perumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke