Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Penjualan Aset Jiwasraya Senilai Rp 3,1 Triliun Masuk ke Kas Negara

Kepala Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung Syaifudin Tagamal mengatakan, pemulihan aset ini terdari dari berbagai penjulaan dan lelang.

Awal tahun ini, PPA disebut telah menyelesaikan barang rampasan negara milih Jiwasraya dan menyetorkan sebesar Rp 1,45 triliun ke kas negara.

"Pemulihan aset berasal dari uang rampasan, penjualan lelang, penjualan langsung, penjualan efek, pencairan reksa dana, dan penetapan status penggunaan," ujar dia dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (7/2/2023).

Ia menambahkan, dengan setoran pemulihan aset ini berarti penegakan hukum tidak hanya berorientasi pada pelaku kejahatan, tetapi juga dalam rangka pemulihan aset.

Syaifudin bilang, masih banyak barang rampasan negara milik Jiwasraya yang perlu diselesaikan. Ke depan pihaknya akan segera meyelesaikan pemulihan aset ini dalam rangka mengoptimalisasi pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

"Tahapan penanganan perkara penyelidikan, penyidikan, penuntutan, upaya hukum dan eksekusi apabila dilaksanakan sejalan dengan tahapan pemulihan aset mulai dari penelusuran, pengamanan, pemeliharaan, perampasan dan pengembalian seyogyanya akan menghasilkan penegakan hukum dan penanganan perkara yang berkualitas," tutur dia.

Dilansir dari Kontan, penjualan efek reksadana memberikan kontribusi paling besar dari aset tersebut senilai Rp 1,62 triliun dari total 90 produk reksadana. Selanjutnya ada penjualan efek lainnya seperti saham, waran, dan obligasi dengan nilai mencapai Rp 1,37 triliun.

Selain itu, ada tanah dan bangunan yang senilai Rp 79,82 miliar dari 170 bidang tanah dan bangunan yang telah laku terjual. Namun, masih ada barang rampasan berupa tanah dan bangunan yang belum terjual.

Kemudian, terdapat 1.188 barang rampasan negara berupa tanah atau bangunan yang belum laku terjual dengan nilai Rp 1.4 triliun.

Ada pula setoran langsung uang tunai yang berasal dari uang rampasan senilai Rp 11,82 miliar. Lalu, hasil lelang kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor yang senilai Rp 8,1 miliar.

Sisanya, nilai pemulihan aset tersebut berasal dari beberapa barang mewah seperti perhiasan, arloji, kapal phinisi, sepeda, dan barang-barang lainnya.

https://money.kompas.com/read/2023/02/07/123940926/hasil-penjualan-aset-jiwasraya-senilai-rp-31-triliun-masuk-ke-kas-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke