Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mentan SYL Pastikan Kebutuhan Beras untuk DKI Jakarta dan Nasional Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan kondisi beras secara nasional bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga lebaran mendatang. Kepastian ini kata dia dihitung secara detil baik menggunakan KSA BPS, standing crop, laporan daerah dan peninjauan langsung di lapangan.

"Semua menunjukkan oke. Artinya beras kita aman sampai lebaran mendatang. Saat ini panen raya terus berlangsung di sejumlah sentra," ujar Mentan SYL di Pasar Induk Cipinang, Selasa (7/2/2023) .

Hal ini juga diamini oleh Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo.

Dia mengatakan, kebutuhan beras untuk wilayah DKI Jakarta dalam kondisi aman dan melimpah menyusul masuknya beras dari Sumatera Selatan sebanyak 494 ton ke gudang food station .

Menurut dia, beras sebanyak itu masih akan bertambah seiring panen raya di sejumlah sentra yang terus berlangsung.

Sebagai gambaran, total beras yang dibutuhkan masyarakat Jakarta mencapai 30.000 ton. Sedangkan beras sementara yang tersedia saat ini baru 15.000 ton.

"Yang masuk saat ini kurang lebih 494 ton atau 21 truk. Tapi Insya Allah besok akan digelontorkan lagi atau diguyur lagi kurang lebih 50 truk atau ekivalen sebanyak 1000 ton," ujar Pamrihadi.

Pamrihadi optimistis dengan kondisi dan ketersediaan beras saat ini. Apalagi, Sumatera Selatan tengah memasuki musim panen yang akan berlangsung hingga April mendatang.

"Sumatera Selatan adalah wilayah yang saat ini panen raya besar. Kita harapkan mampu memenuhi kebutuhan cadangan beras kita," katanya.

Lebih lanjut dia memaparkan, kondisi harga beras saat ini berangsur mengalami penurunan. Sebagai contoh, posisi harga beras IR 643 saat ini rata-rata turun di harga Rp 10.375 atau turun sebanyak Rp 25 per hari ini. Dia pun memastikan harga beras medium bisa kembali normal di harga Rp 9.450 per kilogram.

"Kita ingin setiap hari turun Rp 25. Per hari ini saja sudah di angka Rp 10.175. Jadi kami berterimakasih kepada jajaran Kementan atas distribusi beras tahun ini. Sekali lagi kita sangat yakin beras kita cukup," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/02/07/151000626/mentan-syl-pastikan-kebutuhan-beras-untuk-dki-jakarta-dan-nasional-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke