Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DPR Terima 2 Nama Calon Deputi Gubernur BI, Jadwal "Fit and Proper Test" Bakal Ditentukan

Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo dari Fraksi PDI Perjuangan mengkonfirmasi dua nama yang diusulkan ialah Kepala Departemen Regional sekaligus Asisten Gubernur BI Dwi Pranoto dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta.

"Betul (itu namanya)," kata Andreas saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/2/2023) malam.

Dia bilang, Komisi XI DPR RI akan melakukan pembahasan internal pada pukul 11:00 hari ini untuk menentukan jadwal fit and proper test calon Deputi Gubernur BI.

"Besok (hari ini) rapat internal Komisi 11 untuk menentukan jadwal fit and proper test," ucapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK), Deputi Gubernur BI diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI.

Nama-nama calon Deputi Gubernur BI diusulkan Presiden paling banyak 3 orang dan paling sedikit 2 orang dan berdasarkan rekomendasi dari Gubernur BI.

Kemudian, DPR berhak menyetujui atau menolak usulan calon Deputi Gubernur BI itu paling lambat satu bulan sejak usulan Presiden diterima. Apabila usulan tidak disetujui DPR, maka Presiden wajib mengajukan calon baru.

Profil singkat dua calon Deputi Gubernur BI

1. Profil Dwi Pranoto

Dikutip dari laman BI, Dwi Pranoto mengawali karir di BI sejak tahun 1988. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Wilayah II selama 2012-2013.

Pria yang lahir di Jakarta tahun 1963 itu juga pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Wilayah IV pada 2013-2014 lalu menjadi Kepala Departemen Regional II pada 2014-2019.

Kemudian sejak 2019 sampai saat ini Dwi menduduki posisi Kepala Departemen Regional sekaligus Asisten Gubernur BI.

Sebelum bergabung dengan BI, Dwi telah menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Teknik Industri Institut Teknologi Bandung pada tahun 1986.

Pada tahun 1993, Dwi mendapatkan gelar master di bidang Business Management di Asian Institute of Management.

2. Profil Filianingsih Hendarta

Dikutip dari laman BI, Filianingsih lahir di Surabaya tahun 1963. Dia mengawali karirnya di BI sejak tahun 1986.

Fili pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter selama 2013-2015 dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial selama 2015-2019.

Lalu kini dia menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019.

Perempuan ini telah menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985 dan mendapatkan gelar master di bidang Economics and Finance dari Boston University, Amerika Serikat pada tahun 1992.

https://money.kompas.com/read/2023/02/08/103000926/dpr-terima-2-nama-calon-deputi-gubernur-bi-jadwal-fit-and-proper-test-bakal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke