Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saham Sektor Teknologi Catatkan Kenaikan Paling Tinggi Awal 2023, Ini Katalisnya

Tercatat hingga 7 Februari lalu, indeks sektor teknologi telah menguat sekitar 11,64 persen. Penguatan ini terjadi setelah sepanjang tahun lalu sektor teknologi tertekan parah dan menjadi pemberat utama pertumbuhan return IHSG.

Senior Investment Information Mirae Asset Nafan Aji Gusta mengatakan, secara teknikal indeks sektor teknologi saat ini memang berada dalam fase rebound. Ini menyusul downtrend yang dialami indeks pada tahun 2022.

"Sebenarnya terdapat beberapa katalis positif IDX Techno mengalami technical rebound," kata dia, dalam Media Day Mirae Asset, Kamis (9/2/2023).

Katalis utama saham teknologi pada awal tahun ini ialah mulai menurunnya kekhawatiran terhadap potensi resesi global. Berbagai data perekonomian negara maju yang lebih baik dari prediksi tahun lalu menjadi pemicunya.

Bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed), juga mulai memperlambat laju kenaikan suku bunga acuan. Ini membuat pasar berekspektasi, puncak kebijakan pengetatan moneter bank sentral semakin dekat.

Sentimen moneter itu lah yang kemudian membuat risk appetite investor meningkat. Oleh karenanya, investor kembali masuk ke saham sektor teknologi yang sensitif terhadap kenaikan suku bunga.

"Kondisi ancaman stagflasi untuk saat ini mereda sehingga wajar saja risk appetite meningkat," ujar Nafan.

"IDX Techno mereka tentunya memanfaatkan optimalisasi misal momentum pemulihan ekonomi, terutama didorong sektor konsumer," katanya.

Selain sentimen makro, Senior Research Analyst Mirae Asset Robertus menilai, kinerja positif sektor teknologi datang dari hasil efisiensi yang telah dilakukan emiten. Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu perusahaan-perusahaan teknologi gencar melakukan efisiensi, seperti perampingan tenaga kerja, guna memperbaiki arus kas keuangan perusahaan.

"Kita bisa lihat buahnya bisa dipetik tahun ini beberapa saham-saham sektor teknologi mulai recover," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2023/02/09/200000226/saham-sektor-teknologi-catatkan-kenaikan-paling-tinggi-awal-2023-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke