Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lima Perusahaan Global yang Umumkan PHK Massal Pekan Ini, Ada Zoom, Disney, hingga eBay

Pekan ini beberapa perusahaan teknologi ternama mengumumkan pemberhentian karyawannya. Beberapa perusahaan tersebut antara lain, PayPal, Zoom, Dell, eBay, terbaru ada Disney yang mengumumkan PHK kepada 7.000 karyawannya.

1. Dell

Awal pekan ini, perusahaan yang memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer, Dell, Inc melakukan PHK kepada 6.650 pekerjanya atau 5 persen dari total karyawan perusahaan.

Mengutip CNBC, pengumuman PHK tersebut disampaikan melalui pengajuan Securities and Exchange Commission (SEC) atau, dokumen berisi aturan yang diserahkan perusahaan kepada otorita bursa di AS.

PHK Dell terjad akibat permintaan PC dan laptop yang mengalami perlambatan secara global. Perusahaan mencatat, pengiriman global PC turun 28 persen dari tahun ke tahun pada kuartal keempat tahun 2022.

2. PayPal

Setelah Dell, CEO PayPal, Dan Schulman mengumumkan PHK kepada 2.000 karyawan PayPal atau sekitar 7 persen dari total keseluruhan karyawan PayPal.

Schulman menjelaskan bahwa PayPal terpaksa melakukan PHK untuk menyehatkan bisnis perusahaan, serta sebagai strategi "putar otak" untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang dihadapi mereka saat ini.

3. Zoom

Tak ketinggalan, perusahaan penyedia layanan videotelepon, Zoom mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK massal terhadap sekitar 1.300 karyawannya.

Angka tersebut mewakili sekitar 15 persen dari seluruh pegawai Zoom. Pengumuman ini sekaligus membuat Zoom menjadi perusahaan teknologi lainnya yang bakal memangkas karyawannya secara besar-besaran.

Dilansir dari CNN, Rabu (8/2/2023), dalam sebuah memo kepada karyawan, CEO Zoom Eric Yuan mengatakan PHK akan berdampak pada setiap bagian organisasi.

Yuan juga mengatakan, dirinya dan eksekutif lainnya akan melakukan pemotongan gaji yang signifikan. Dia juga mengakui telah membuat keputusan yang salah terkait perhitungan pertumbuhan perusahaan selama pandemi.

“Sebagai CEO dan pendiri Zoom, saya bertanggung jawab atas kesalahan ini dan tindakan yang kami ambil hari ini dan saya ingin menunjukkan tanggung jawab tidak hanya dalam kata-kata tetapi juga dalam tindakan saya sendiri,” tulisnya.

“Untuk itu, saya mengurangi gaji saya untuk tahun fiskal yang akan datang sebesar 98 persen dan melepaskan bonus perusahaan tahun 2023 saya,” kata dia.


4. eBay

Perusahaan e-commerce eBay juga memangkas 500 orang karyawannya atau setara dengan 4 persen dari total keseluruhan karyawan e-bay. CEO eBay Jamie Iannone mengumumkan rencana PHK tersebut melalui sebuah memo kepada karyawannya.

Iannone mengatakan, keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi makro global selama beberapa bulan terakhir.

Dia mengatakan PHK yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggannya, serta membantu eBay fokus pada area-area yang dapat memberikan dampak paling besar dalam bisnisnya.

“Yang penting, pergeseran ini memberi kami ruang tambahan untuk berinvestasi dan menciptakan peran baru di area berpotensi tinggi, seperti teknologi baru, inovasi pelanggan, pasar utama, serta terus beradaptasi dan fleksibel dengan lanskap makro, e-commerce, dan teknologi yang berubah,” ungkap Iannone.

5. Disney

Terbaru, ada Disney yang bakal melakukan PHK kepada 7.000 karyawannya atau 3,2 persen dari total seluruh karyawan Disney 220.000 di seluruh dunia pada 1 Oktober 2022. Bob Iger CEO Disney mengatakan, hal ini dilakukan dalam upaya menekan biaya operasional.

Iger mengatakan, PHK adalah bagian dari upaya Disney untuk mencapai penghematan biaya sekitar 5,5 miliar dollar AS. Dari jumlah itu, 2,5 miliar dollar AS mewakili “biaya non-konten” (termasuk biaya tenaga kerja) dan 1 miliar dollar AS dari pengurangan biaya berjalan saat ini.

"Kami akan benar-benar memperhatikan semua yang kami putuskan, dalam hal entertaiment hal-hal di dunia yang lebih kompetitif menjadi lebih mahal," ungkap Iger mengutip Variety.

https://money.kompas.com/read/2023/02/10/073000626/lima-perusahaan-global-yang-umumkan-phk-massal-pekan-ini-ada-zoom-disney

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke