Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Keberlanjutan Bisnis, Medco Energy Fokus Implementasi ESG

Direktur Utama PT Medco E&P Indonesia Ronald Gunawan mengatakan, Medco telah melakukan investasi berkesinambungan dengan menerapkan operational excellence dan berkomitmen terhadap ESG.

"Melalui inisiatif Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola /ESG, kami berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan mendukung upaya-upaya Pemerintah Indonesia untuk mencapainya," kata Ronald kepada Kompas.com, Jumat (10/2/2023).

Ronald mengatakan, perusahaan juga fokus pada isu-isu perubahan iklim serta transisi energi yang saat ini digalakkan pemerintah menuju Net Zero Emission. Selain itu, penerpaan ESG diharapkan mendukung investasi dalam mencapai target lifting minyak 1 Juta BOPD dan 12 BSCFD gas pada 2030.

"Inisiatif kami antara lain mencakup implementasi strategi perusahaan untuk perubahan iklim dan transisi energi, menerapkan program pemberdayaan masyarakat, menegakkan standar Keselamatan dan Keunggulan Operasi (Operational Excellence/OE), serta memperkuat etika bisnis dan anti korupsi di seluruh operasi kami," jelasnya.

Ronald mengatakan, dalam mengelola risiko ESG, di 2018 pihaknya juga menyusun peta jalan keberlanjutan 5 tahun dan kami telah mencapai hampir semua tujuan dan indikator kinerja utamanya di tahun 2022.

"Saat ini kami telah memperbarui peta jalan keberlanjutan untuk tahun 2023-2027. Kami tetap fokus pada isu-isu prioritas ESG untuk keberlanjutan bisnis Medco Energi," kata dia.

Ronald juga mengatakan, selama tiga tahun terakhir, peringkat ESG Medco Energy oleh lembaga internasional pemeringkat ESG meningkat secara konsisten. Selain itu juga, implementasi ESG dapat mendorong etika bisnis anti korupsi di lingkungan perseroan.

"Kami tetap berupaya menjaga kinerja kami, serta melakukan perbaikan berkesinambungan," tegasnya.

Adapun hingga kuartal III-2022, produksi migas Medco E&P mencapai 161 mboepd, naik 73 persen tahun ke tahun. Akuisisi Corridor PSC dan pengembangan proyek gas baru di lapangan Hiu, Malong dan Belida di South Natuna Sea Block B PSC mendukung pencapaian tersebut.

https://money.kompas.com/read/2023/02/10/193000226/dorong-keberlanjutan-bisnis-medco-energy-fokus-implementasi-esg-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke