Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Kuota Haji per Provinsi Tahun 2023

Kuota haji per provinsi tahun ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama KMA Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1444 Hijriah/2023 Masedi.

Seperti diketahui, kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 221.000 jemaah, terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus.

Kuota haji reguler terdiri atas 190.897 kuota jemaah haji reguler tahun berjalan, 10.166 kuota prioritas lanjut usia, 685 kuota pembimbing dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah, dan 1.572 kuota petugas haji daerah.

Lantas, berapa kuota haji reguler per provinsi di wilayah Indonesia tahun ini?

Kuota haji reguler per provinsi tahun 2023

Disadur dari laman resmi Kemenag, berikut daftar kuota haji reguler per provinsi tahun ini:

Estimasi keberangkatan jemaah haji Indonesia

Kasubdit Siskohat Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hasan Afandi menjelaskan, kuota haji Indonesia terdistribusi dalam kuota provinsi dan kuota kabupaten/kota.

Dari 34 provinsi di Indonesia, dengan belum memasukkan empat provinsi terbaru di Papua, terdapat 10 provinsi yang mendistribusikan kuotanya hingga kabupaten/kota.

Provinsi-provinsi tersebut yaitu Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Untuk diketahui, sebaran kuota haji menjadi dasar penyesuaian perhitungan estimasi keberangkatan jemaah haji seluruh Indonesia.

Sehingga, jemaah haji dapat melakukan pengecekan kembali terkait perkiraan atau estimasi keberangkatannya yang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Pusaka.

Adapun tata cara pengecekan estimasi keberangkatan haji di Indonesia lewat aplikasi Pusaka bisa diakses di sini.

Sementara itu, untuk provinsi yang mendistribusikan kuotanya sampai ke kabupaten/kota, penyesuaian estimasi keberangkatan jemaah haji masih menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang kuota masing-masing kabupaten/kota di provinsinya.

Nah, itulah sebaran kuota haji Indonesia tahun 2023 per provinsi. Bagi Anda calon jemaah haji, bisa melakukan pengecekan penyesuaian keberangkatan haji secara online.

https://money.kompas.com/read/2023/02/28/210504126/catat-ini-kuota-haji-per-provinsi-tahun-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke