Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Khawatirkan Harga Tiket Pesawat Mahal Dapat Timbulkan Inflasi

"Kemarin saya baru saja dari Wakatobi dan juga dari Raja Ampat. Tiket angkutan udara itu mahalnya mahal banget ya, itu yang menjadi masalah secara nasional ya tentu saja perlu kita atasi bersama," ujarnya saat acara GNPIP 2023 di Makassar, Minggu (5/3/2023).

Oleh karena itu. BI akan terus memantau kenaikan harga termasuk tiket pesawat dalam rangka mengantisipasi lonjakan inflasi.

Terlebih tahun ini sektor pariwisata sudah mulai bergeliat seiring pelonggaran penanganan Covid-19 dan menjelang periode mudik Lebaran 2023.

"The game is not over mari kita terus berwaspada dan terus kita bersinergi, inovasi, untuk mengendalikan inflasi. Khususnya inflasi pangan bergejolak dan harga yang diatur pemerintah (administered price)," ucapnya.

Kenaikan harga tiket pesawat ini tidak hanya diwaspadai oleh bank sentral tetapi juga pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penyebab terjadinya kenaikan harga tiket pesawat dikarenakan harga bahan bakar pesawat (avtur) cukup tinggi.

"Terkait administered price, pemerintah melihat komponen tertinggi dari transportasi udara adalah avtur," ucap Airlangga.

"Pemerintah sedang melihat apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi harga avtur tersebut," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2023/03/05/193000526/bi-khawatirkan-harga-tiket-pesawat-mahal-dapat-timbulkan-inflasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke