Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di Aplikasi SatuSehat

Sejak 1 Maret lalu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan transformasi aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile.

Meskipun dilakukan perubahan, dipastikan seluruh data yang ada di aplikasi PeduliLindungi akan secara otomatis tersinkronisasi dengan aplikasi SatuSehat Mobile, termasuk sertifikat vaksin Covid-19.

Lalu, bagaimana cara cek dan download sertifikat vaksin Covid-19 di aplikasi SatuSehat Mobile?

Cara cek sertifikat vaksin di SatuSehat Mobile

Sebelum mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19, Anda wajib melakukan update atau pembaruan aplikasi dari PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile.

Lebih lanjut, cara cek dan unduh sertifikat vaksin Covid-19 di SatuSehat Mobile sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi SatuSehat Mobile atau update aplikasi PeduliLindungi
  2. Login menggunakan akun PeduliLindungi di aplikasi SatuSehat Mobile
  3. Di halaman utama, pilih menu Vaksin dan Imunisasi
  4. Pilih menu Vaksin Dewasa
  5. Pilih data sertifikat vaksin sesuai dengan nama terdaftar
  6. Pilih sertifikat yang akan diunduh
  7. Jika sudah muncul, klik Unduh Sertifikat untuk mengunduh atau men-download.

Setelah bukti vaksin berhasil diunduh, Anda dapat mengecek dokumen sertifikat vaksin di folder file pada handphone berbasis iOS dan folder file/download pada Android.

Aplikasi SatuSehat Mobile

Dilansir dari informasi resmi, seluruh fitur terkait Covid-19 seperti tiket vaksin, sertifikat vaksin, hingga hasil tes antigen atau PCR akan tetap muncul di aplikasi SatuSehat Mobile.

Adapun aplikasi ini juga akan memuat informasi lain seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, gula darah, dan detak jantung.

Setelah itu, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi tindakan lebih lanjut, sehingga dapat membantu memantau kesehatan sesuai kondisi tubuh penggunanya.

Ke depannya, aplikasi ini juga akan dikembangkan dengan fitur imunisasi anak, antrean rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat.

Demikian ulasan mengenai cara cek dan unduh sertifikat vaksin Covid-19 di aplikasi SatuSehat Mobile, termasuk fitur-fitur yang akan tersedia di aplikasi ini.

https://money.kompas.com/read/2023/03/06/115956326/cara-cek-dan-download-sertifikat-vaksin-covid-19-di-aplikasi-satusehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke