Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengembangan Sistem Pembayaran, BI Gandeng Bank Sentral Inggris

Hal ini diimplementasikan dalam penyelenggaraan BI-BOE ASEAN Central Banks Workshop on Enhancing Real Time Gross Settlement (RTGS), Integrating Cross-Border Payment Systems, and Exploring Central Bank Digital Currencies (CBDC) pada 8-10 Maret secara hybrid di Jakarta.

Direktur Departemen Komunikasi BI Fadjar Majardi mengatakan, workshop ini dilaksanakan sebagai wujud sinergi bank sentral dalam menggaungkan upaya tindak lanjut salah satu agenda prioritas G20 terkait Sektor Keuangan dan Sistem Pembayaran di Digital Era yang diturunkan menjadi Priority Economic Deliverables (PED) Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023.

Oleh karena itu, kegiatan ini juga didukung kolaborasi erat dengan bank sentral ASEAN, yaitu Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT).

"Penyelenggaraan workshop tersebut juga merupakan salah satu implementasi program kerja sama Structured Bilateral Cooperation (SBC) BI-BOE yang telah berlangsung sejak tahun 2019," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3/2023).

Dia bilang, bank sentral melalui forum ini saling berbagi pengalaman dalam melakukan pengembangan konektivitas pembayaran dan keuangan digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Adapun topik yang dibahas dalam workshop itu meliputi berbagai isu terkini yang terkait dengan sistem pembayaran dan digitalisasi keuangan baik di tataran global maupun regional,

Hal itu mencakup inovasi dan pengembangan RTGS terkini, pengembangan CBDC di beberapa negara, termasuk pemilihan teknologi pendukung CBDC dan CBDC dari sudut pandang kebijakan, serta pembayaran lintas negara.

https://money.kompas.com/read/2023/03/09/151000526/pengembangan-sistem-pembayaran-bi-gandeng-bank-sentral-inggris-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke