Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upaya Jaga Pasokan Gas ke PLTG Sambera, untuk Sektor Kelistrikan Kaltim

Pemasok gas ke PLTG Sambera adalah PT Pertagas Niaga (PTGN), yang memasok gas hasil regasifikasi Liquefied Natural Gas (LNG) sejak tahun 2018 dengan total volume LNG yang sudah tersalurkan sebesar 7.329.735 MMBTU.

PLTG Sambera ini menggunakan bahan bakar gas yang pasokannya berasal dari PTGN berdasarkan kontrak Perjanjian Jual Beli Gas Bumi (PJBG) hasil regasifikasi LNG dari Bontang.

Dalam perjanjian tersebut, PTGN berkewajiban untuk menyediakan fasilitas yaitu fasilitas pengisian, regasifikasi, penyimpanan dan transportasi LNG trucking.

Untuk memenuhi kewajiban tersebut PTGN menggandeng mitra yaitu PT Risco Energi Pratama (Risco). Lingkup tanggung jawab Risco adalah untuk membangun, memelihara dan mengoperasikan fasilitas infrastruktur regasifikasi LNG untuk PLTG Sambera, berikut fasilitas pendukungnya antara lain transportasi LNG trucking (15 Head Truck, 24 ISO Tank kapasitas 20 feet berikut Bed Trailer) dan penyimpanan LNG.

President Director Pertagas Niaga, Aminuddin mengatakan, selain kerja sama tersebut, ada upaya lain untuk menjaga pasokan gas hasil regasifikasi LNG ke PLTG Sambera.

Menurut dia, saat ini PTGN tengah mengajukan alokasi LNG kepada regulator untuk dapat memenuhi kebutuhan domestik yaitu salah satunya untuk PLTG Sambera.

”Kami juga terus berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan guna mengupayakan ketersediaan stok LNG untuk dapat didistribusikan kepada konsumen termasuk sektor kelistrikan antara lain PLTG Sambera,” kata Aminuddin melalui keterangannya, Jumat (10/3/2023).

Ia melanjutkan bahwa PTGN berkomitmen untuk terus menjadi mitra strategis bagi para stakeholder dalam mendukung penuh program Pemerintah dalam era transisi energi dan pemanfaatan energi bersih secara berkelanjutan diseluruh wilayah Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2023/03/10/194553526/upaya-jaga-pasokan-gas-ke-pltg-sambera-untuk-sektor-kelistrikan-kaltim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke