Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Satgas BLBI Sita Aset Pancasindhu Abadi Senilai Ro 74,3 Miliar

Aset tersebut berlokasi di Kabupaten Batang, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Kediri.

"Penyitaan ini dilakukan sebagai upaya penyelesaian hak tagih negara dana BLBI yang berasal dari debitor PT Pancasindhu Abadi dengan outstanding utang sebesar Rp 948,7 miliar," ujar Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban dalam kerangannya, Sabtu (11/3/2023).

Adapun 18 bidang tanah yang disita tersebut secara total memiliki luas 35.492 m2. Terdiri dari 5 bidang tanah di Kabupaten Batang seluas 6.238 m2, lalu 5 bidang tanah di Kabupaten Wonogiri seluas 19.822 m2.

Kemudian 6 bidang tanah di Kabupaten Sidoarjo seluas 7.357 m2, 1 bidang tanah di Kabupaten Mojokerto seluas 550 m2, dan 1 bidang tanah di Kabupaten Kediri seluas 1.525 m2.

Penyitaan aset itu dilakukan oleh Satgas BLBI, Satgas Gakkum BLBI Bareskrim Polri, PUPN Cabang Jawa Tengahd melalui KPKNL Pekalongan dan KPKNL Surakarta, PUPN Cabang Jawa Timur melalui KPKNL Sidoarjo dan KPKNL Malang, Polres, dan Polsek, serta aparat desa/kecamatan setempat.

"Atas semua barang jaminan yang telah dilakukan penyitaan akan dilanjutkan proses pengurusannya melalui mekanisme PUPN, yaitu dilakukannya penjualan secara terbuka (lelang) dan atau penyelesaian lainnya," kata dia

Rionald menuturkan, sejak dibentuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2021 lalu, Satgas BLBI telah melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan kembali piutang negara dengan melakukan penagihan kepada obligor atau debitor.

Maka, salah satu upaya penagihan debitur yang dilakukan adalah penyitaan barang jaminan yang bertujuan untuk penyelesaian dan pemulihan hak negara dari dana BLBI oleh Satgas BLBI.

Ia pun memastikan, ke depannya Satgas BLBI akan terus melakukan upaya berkelanjutan untuk memastikan pengembalian hak tagih negara melalui serangkaian upaya.

"Seperti pemblokiran, penyitaan, dan penjualan asetaset obligor/debitor yang merupakan barang jaminan maupun harta kekayaan lain yang dimiliki obligor/debitor yang selama ini telah mendapatkan dana BLBI," pungkas Rionald.

https://money.kompas.com/read/2023/03/11/131000226/satgas-blbi-sita-aset-pancasindhu-abadi-senilai-ro-74-3-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke