Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upaya BUMN Pupuk Perkuat Sektor Pertanian di Kalteng

SVP Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko mengatakan sejumlah upaya yang dilakukan perseroan untuk mendukung program tersebut.

Pertama, sebagai bagian dari Pupuk Indonesia Holding Company, Pupuk Kaltim terus berkomitmen dalam mendukung sektor pertanian melalui pendistribusian pupuk ke petani.

Untuk itu, Pupuk Kaltim memastikan produksi dan distribusi pupuk aman selama periode musim tanam pertama tahun 2023 (Maret - April 2023) melalui produksi 5 pabrik amoniak, 5 pabrik urea, dan 3 pabrik NPK serta 137 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pupuk Kaltim saat ini memiliki total kapasitas produksi 2,7 juta Metrik Ton per tahun untuk ammonia, 3,4 juta Metrik Ton per tahun untuk jenis Urea, dan 350.000 Metrik Ton per tahun untuk NPK.

Kemudian, sinergi dengan pemerintah daerah. Khusus wilayah Kalteng, Pupuk Kaltim menggelar sosialisasi soal pupuk ke petani dan masyarakat dengan acara jalan sehat bersama HUT BUMN ke-25 di empat wilayah di Kalteng.

Acara jalan tersebut digelar secara serentak pada Minggu (12/3/2023) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Seruyan.

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati yang turut ikut serta dalam kegiatan tersebut berharap agar sinergitas Pemkab Kotawaringin Timur dengan BUMN dapat mempercepat pembangunan sektor pertanian di Kalteng.

“Acara ini kita apresiasi karena berdampak positif. Apalagi BUMN bisa bersinergitas dengan pemerintah untuk sama-sama membangun daerah,” ujarnya melalui keterangan pers, Senin (13/3/2023).

SVP Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko mengatakan bahwa program jalan sehat ini merupakan bentuk kepedulian dan bukti bahwa BUMN selalu berada di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap pekannya hingga puncak peringatan HUT Kementerian BUMN pada April 2023,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pupuk Kaltim menjadi koordinator acara Jalan Sehat HUT ke-25 BUMN di masing-masing wilayah di Kalteng.

Untuk pelaksanaan di Kotawaringin Timur, Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan PT Biofarma dan PT RNI. Di Katingan, Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) dan PT PP (Persero) Tbk.

Di Kabupaten Kotawaringin Barat, Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan PT Biofarma (Persero) dan PTPP. Sementara di Kabupaten Seruyan, penyelenggaraan dilakukan oleh Pupuk Kaltim yang berkolaborasi dengan PT KAI dan PT Pos Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2023/03/13/125938826/upaya-bumn-pupuk-perkuat-sektor-pertanian-di-kalteng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke