Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bertolak ke India, Mendag Ingin Kembangkan Pasar Baru di Asia Selatan

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan pasar baru nontradisional di kawasan Asia Selatan.

Menurut Zulkifli, India adalah pasar nontradisional baru yang punya potensi besar.

"Pasar ekspor baru harus diperkuat. Pada kesempatan lain, saya akan mengunjungi Bangladesh dan Pakistan. Pasarnya besar sekali dengan jumlah penduduk miliaran," jelasnya seperti dalam keterangan tertulis yang dikutip dari kemendag.go.id, Selasa (14/3/2023).

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam kunjungan kerja (kunker) ke India selama dua hari pada Senin (13/3/2023) sampai Selasa (14/3/2023).

Zulkifli menjelaskan, Indonesia harus menguasai pasar nontradisional untuk menjadi negara maju pada 2045.

Selain perkuat pasar ekspor, kata dia, pemerintah juga telah mengembangkan ekosistem kewirausahaan di dalam negeri lewat usaha pertemuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan perbankan serta lembaga pembiayaan ekspor.

Tak hanya itu, Zulkifli mengungkapkan, pemerintah juga memfasilitasi kemitraan UMKM dengan ritel modern dan lokapasar (marketplace).

"Dengan ekosistem UMKM, jiwa kewirausahaan Indonesia akan tumbuh dan dapat mengejar negara maju," imbuhnya.

Pelajar jadi duta produk Tanah Air

Selain kunjungan kerja, Zulkifli juga berkesempatan berdiskusi dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Kedubes RI di New Delhi, India, Senin (13/3/2023).

Pada kesempatan tersebut, ia mengajak para pelajar Indonesia menjadi duta produk Tanah Air. Ajakan ini dilakukan dengan membiasakan pelajar Indonesia menggunakan produk dalam negeri.

"Kita harus memperjuangkan produk Indonesia dengan perannya masing-masing. Kuncinya adalah kerja sama," ujar Zulkifli.

Mahasiswa Indonesia di India, lanjut Zulkifli, bisa mempromosikan produk Indonesia dengan memulai kebiasaan menggunakan produk Tanah Air sehingga kecintaan terhadap produk Indonesia akan terbentuk.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut juga hadir Duta Besar (Dubes) RI untuk India Ina Krisnamurthi. Turut mendampingi Zulkifli, yaitu Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dan Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono.

 

https://money.kompas.com/read/2023/03/14/103343226/bertolak-ke-india-mendag-ingin-kembangkan-pasar-baru-di-asia-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke