Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menperin Targetkan 2 Perusahaan Indonesia Menjadi Global Lighthouse di 2024

Dia menyebutkan untuk saat ini Indonesia baru memiliki 2 perusahaan yang sudah memiliki status Global Lighthouse yakni Petrosea dan Schneider Electric Manufacturing, dan baru 13 perusahaan yang memiliki status National Lighthouse.

"Sekarang Indonesia punya 2 industri yang berstatus Global Lighthouse saya targetkan di 2024 akan ada tambahan at elast 2 perusahaaan industri baru yg dinobatkan sebagai Global Lighthouse status oleh World Economic Forum (WEF). Selain itu saya menargetkan di 2024 yang sekarang ada 13 National Lighthouse, di 2024 akan ada tambahan paling seidkit 5 atau 6, jadi ada 18 perusahaan minimum," ujarnya saat pembukaan Grand Launching PIDI 4.0 di Jakarta, Selasa (13/3/2023).

Menurut dia dengan bertambahnya jumlah perusahaan di Indonesia yang menyandang status Global Lighthouse dan National Lighthouse membuat Indonesia di mata dunia siap dalam menjawab tantangan untuk industri manufaktur.

Adapun tantangan yang biasanya ditemui di industri manufaktur yakni persolan supply chain hingga pembiayaan.

"Kita perlu menyampaikan ke dunia bahwa Indonesia siap dan mampu untuk melangkah ke dunia digital. Digital itu bukan barang baru bagi Indonesia termasuk di sektor manufaktur," katanya.

Untuk itu dia juga berharap agar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) dan Badan Kajian Standarisasi dan Kebijakan Industri (BSKJI) bisa mengawal target yang ditentukan tersebut agar bisa direalisasikan.

"Pada prinsipnya kita punya 5 program untuk bertransformasi ke digital dan untuk itu kita akan kawal oleh BPSDMI dengan program-programnya," pungkas Menperin.

https://money.kompas.com/read/2023/03/14/190224926/menperin-targetkan-2-perusahaan-indonesia-menjadi-global-lighthouse-di-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke