Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelaku UMKM Perempuan Bisa Dapat Suntikan Modal lewat SisBerdaya

SisBerdaya merupakan program mentoring dan kompetisi yang digelar selama 3 bulan. Program ini terbuka bagi wirausahawan perempuan di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini berfokus pada pemberdayaan usaha khususnya UMKM dengan dua kategori peserta yaitu–kategori ultra-mikro dan mikor.

Kategori ultra mikro yaitu bisnis dengan jumlah karyawan 1-5 orang dan mencatat pendapatan bulanan Rp 1-10 juta. Sementara, kategori mikro adalah bisnis dengan jumlah karyawan 6-20 orang serta mencatatkan pendapatan bulanan Rp 11–30 juta.

Pendaftaran program SisBerdaya ini dibuka mulai hari ini hingga 17 April 2023 melalui aplikasi DANA.

Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia Agustina Samara menjelaskan, setelah proses pendaftaran ditutup, sebanyak 180 pendaftar dari dua katagori akan dipilih oleh panel juri.

Peserta terpilih akan menerima hadiah uang tunai, dan memenuhi syarat untuk memasuki fase berikutnya yakni bimbingan dan pelatihan keterampilan selama 1 bulan oleh para ahli dari DANA, Ant Group, mitra industri hingga perwakilan pemerintah.

"Pelatihan yang akan diberikan selama fase bimbingan mencakup topik manajemen bisnis, pembayaran digital dan pemasaran, dan strategi penjualan global," ujar dia dalam konferensi pers, Selasa (14/3/2023).

Ia menjelaskan, di akhir fase seluruh peserta harus menyerahkan rencana bisnis mereka untuk penilaian akhir.

"Kemudian, peserta 5 besar akan berkumpul di Jakarta untuk kompetisi presentasi akhir yang diadakan pada Mei 2023 untuk memperebutkan hadiah akhir hingga Rp 20 juta," imbuh dia.

Sementara itu, Senior Advisor Global Affairs & Sustainability Strategies Ant Group Carrie Suen mengatakan, SisBerdaya mampu membangkitkan komunitas lokal wirausahawan perempuan yang akan bersatu melalui berbagi pengetahuan dan berjejaring untuk saling memajukan bisnis dan berkontribusi pada ekonomi lokal.

Ia menjabarkan, sebagian besar wirausaha perempuan masih menjalankan bisnis sektor yang informal dan tradisional. Selain itu, perempuan pelaku usaha juga menghadapi kendala lainnya yakni soal kekurangan modal.

"Kami percaya Sisberdaya akan memperluas peluang bagi wirausahawan perempuan untuk semakin berkembang," tutup dia.

https://money.kompas.com/read/2023/03/14/190500126/pelaku-umkm-perempuan-bisa-dapat-suntikan-modal-lewat-sisberdaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke