Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Jamin Pasokan dan Harga Pangan Stabil Jelang Ramadhan dan Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan ketersediaan dan harga pangan stabil menjelang Ramadhan dan Lebaran 2023.

Dia mengatakan, pemerintah sudah menggelar rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo untuk menjamin ketersediaan pangan menjelang Ramadhan dan Lebaran.

"Ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan saat puasa dan Lebaran. Kami data-data ini dihimpun dari para pelaku usaha, pasar induk maupun juga BUMN pangan kita," kata Zulhas dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Zulhas mengatakan, menjelang Ramadhan, harga pangan terpantau masih stabil.

Ia mengatakan, harga gula pasir berada dikisaran Rp 14.400 per kg, harga daging sapi dikisaran Rp 130.000 sampai Rp 140.000 per kg, dan harga ayam dikisaran Rp Rp 35.000 sampai Rp 36.000 per kg.

"Kemendag juga mendorong realisasi beberapa produk yang kita tak bisa tanam sendiri, impor seperti bawang putih, gula dan lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya memprediksi akan ada kenaikan harga pangan yang disebabkan tingginya permintaan. Karenanya, kata dia, pemerintah menyiapkan instrumen.

Ia mengatakan, instrumen ini berupa dana cadangan yang diberikan kepada pemerintah daerah untuk menekan kenaikan harga pangan di pasar.

"Ada instrumen di situ dana cadangan 2 persen itu, itu sebetulnya lebih dari cukup kalau harga bawang atau sesuatu naiknya lebih dari 5 persen, itu bisa disubsidi ongkosnya," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/03/16/115000026/pemerintah-jamin-pasokan-dan-harga-pangan-stabil-jelang-ramadhan-dan-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke