Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Ramadhan, Impor Sapi Melesat pada Februari 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Ramadhan dan Lebaran 2023, impor komoditas konsumsi sudah mulai terjadi sejak Februari lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jika dilihat secara keseluruhan, impor komoditas konsumsi memang mengalami penurunan secara bulanan menjadi sekitar 1,36 miliar dollar AS pada Februari lalu.

Namun jika dilihat secara lebih rinci, terdapat impor komoditas yang berkaitan dengan periode Ramadhan dan Lebaran mencatatkan kenaikan secara bulanan.

Deputi Bidang Statistik BPS M. Habibullah mengatakan, lembu (sapi_ menjadi salah satu komoditas berkaitan dengan Ramadhan dan Lebaran yang telah mencatatkan kenaikan nilai impor pada Februari 2023.

Tercatat nilai impor binatang hidup meroket 1.033,95 persen ke 30,6 juta dollar AS, dari bulan sebelumnya hanya 2,7 juta dollar AS.

"Kalau kita lihat dari beberapa komoditas terkait Ramadhan, terutama untuk binatang hidup yang impornya memang naik. Sebagian berupa hewan sejenis lembu (sapi)," kata Habibullah, dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Selain lembu, Habibullah bilang, kurma dan gandum juga mencatatkan kenaikan impor pada Februari lalu. Kedua komoditas itu juga dinilai identik dengan momen Ramadhan dan Lebaran.

"Jadi ada beberapa komoditas terkait dengan Lebaran, ada kurma, ada binatang hidup, juga ada impor gandum, ada 3 komoditas itu," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2023/03/16/122000126/jelang-ramadhan-impor-sapi-melesat-pada-februari-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke