Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DANA hingga ShopeePay Resmi Jadi Peserta BI-Fast

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah peserta BI Fast bertambah sebanyak 16 bank dan lembaga selain bank. Dengan demikian kini total peserta BI Fast menjadi 122 peserta sejak diluncurkan 21 Desember 2021.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan 122 peserta BI Fast tersebut mewakili 94 persen dari pangsa sistem pembayaran ritel nasional.

"Penambahan 16 peserta BI Fast ini merupakan kepesertaan gelombang (batch) keenam," ujar Erwin dalam keterangannya, Senin (20/3).

Pada batch keenam ini, 14 bank yang tergabung sebagai peserta BI-Fast yaitu 11 Bank Swasta Nasional, 2 Bank Pembangunan Daerah (BPD), dan 1 Bank Asing. Selain itu, terdapat 2 lembaga selain bank sebagai peserta BI-Fast perdana yakni DANA dan ShopeePay.

"Bergabungnya 2 lembaga selain bank tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan Ekonomi Keuangan Digital (EKD) dan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat untuk memanfaatkan layanan BI-FAST," kata Erwin. 

Untuk meningkatkan efisiensi penyediaan infrastruktur, 6 dari 14 Bank Peserta BI Fast batch keenam memanfaatkan infrastruktur multitenancy (multi banks one connector).

Erwin menambahkan tahapan implementasi BI-FAST oleh peserta kepada nasabahnya disesuaikan dengan strategi dan rencana peserta dalam mempersiapkan kanal pembayarannya.

Perluasan kepesertaan BI-FAST yang terus dilakukan, diharapkan memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk stakeholders BI terhadap layanan sistem pembayaran ritel yang CEMUMUAH (Cepat, Mudah, Murah, Aman, Andal).

"BI-FAST adalah infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan BI, dapat diakses melalui aplikasi ataupun kanal yang disediakan industri sistem pembayaran untuk memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat," jelasnya.

Ia menekankan layanan BI-FAST merupakan wujud sumbangsih BI bersama industri sistem pembayaran dalam mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional untuk menunjang inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Berikut daftar peserta BI Fast Batch 6:

  1. Bank KB Bukopin
  2. Bank KB Bukopin Syariah
  3. Bank OKE Indonesia
  4. KC JP Morgan Chase Bank, N.A
  5. Bank Mizuho Indonesia
  6. Bank ANz Indonesia
  7. Bank Commonwealth
  8. Bank Shinhan Indonesia
  9. Bank BNP Paribas Indonesia
  10. Bank JTrust Indonesia
  11. Bank Panin Dubai Syariah
  12. Bank Amar Indonesia
  13. BPD Lampung
  14. BPD Sulawesi Tengah
  15. PT Airpay International Indonesia (ShopeePay)
  16. PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA)

https://money.kompas.com/read/2023/03/20/165729626/dana-hingga-shopeepay-resmi-jadi-peserta-bi-fast

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke