Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Impor Daging Sapi Brasil Telat, ID Food Tambal dari 2.600 Ton Stok Tahun Lalu

Namun, Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan memprediksi, daging sapi tersebut baru akan tiba setelah Lebaran 2023 atau Mei 2023.

"ID Food sendiri karena jarak pengapalan dari Brasil ke Indonesia butuh persiapan, daging sapi Brasil ini baru akan tiba paling cepat di bulan Mei 2023," kata Frans saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/3/2023).

"Jadi daging sapi ini tidak bisa digunakan untuk persiapan puasa Lebaran tahun ini, karena shippinnya itu 40 hari, sedangkan persiapan Lebaran 2 minggu," sambungnya.

Frans mengatakan, dalam target menjaga stabilitas harga daging sapi selama bulan Ramadhan, pihaknya menyiapkan 2.600 ton daging.

Ia mengatakan, 2.600 ton daging sapi tersebut merupakan stok ID Food di tahun 2022.

"Masih ada sekitar 2.600 ton lagi yang di-carry over ke 2023. Nanti ini kan enggak banyak ya nanti kita pakai buat bantu stabilisasi ke pasar-pasar," ujarnya.

Impor daging kerbau India

Lebih lanjut, Frans berharap impor daging kerbau India yang dilakukan Perum Bulog dapat tiba dalam bulan ini sehingga harga daging di pasar menjadi stabil.

"Harusnya kan memang kalau daging sapi Brasil belum sampai, itu ada daging kerbau (India) yang bisa back up tapi itu harus tanya Bulog realisasi sudah berapa banyak, karena India kan cenderung lebih deket," ucap dia.


Sebelumnya, Badan Pangan Nasional (Bapanas) memerintahkan Bulog dan ID Food untuk mengimpor daging sapi, kerbau, dan gula kristal dalam rangka persiapan Ramadhan 2023.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, importasi ini dilakukan bukan hanya untuk memastikan ketersediaan pangan selama Ramadhan 2023 saja, namun juga menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi pangan.

Arief memaparkan, ID Food akan mengimpor sekitar 100.000 ton daging sapi dan Bulog akan melakukan pengadaan sekitar 100.000 ton daging kerbau.

“Kedatangan dilakukan secara bertahap, kita percepat (kedatangannya) sebelum Lebaran untuk menambah stok dan menjaga harga daging di masyarakat,” kata Arief.

https://money.kompas.com/read/2023/03/23/133408026/impor-daging-sapi-brasil-telat-id-food-tambal-dari-2600-ton-stok-tahun-lalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke